Pesawat Jatuh di Papua

Yudhoyono Sudah Tegaskan Ganti Pesawat Tua

VIVAnews - Dalam waktu tidak sampai satu minggu, kecelakaan pesawat kembali terjadi di Tanah Air. Presiden Yudhoyono sebenarnya sudah menekankan soal kelaikan dan usia pesawat terbang.

"Pada Februari 2008, Presiden sudah menginstruksikan pesawat yang umurnya di atas 20 tahun sebaiknya dikaji ulang," kata Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono usai mencontreng di Komplek menteri, Widya Chandra, Jakarta, Kamis, 9 April 2009.

Pemerintah, dalam hal ini Departemen Pertahanan sudah menyampaikan bahwa ada beberapa pesawat yang usianya bisa diperpanjang. Pertimbangannya, dengan perkiraan teknis dan penelitian secermat mungkin, usianya bisa diperpanjang 5-8 tahun.

"Kami tunggu saja hasil investigasi TNI AU. Namun menurut beberapa pengamat, cuaca buruk menjadi dominan penentu penyebab kecelakaan," ujar dia.

Pernyataan Juwono ini terkait dua insiden kecelakaan pesawat yang terjadi dalam waktu singkat. Kecelakaan pertama menimpa pesawat Fokker-27 milik TNI Angkatan Udara di Bandung. Korban tewas tercatat mencapai 24 orang.

Kecelakaan kedua terjadi di Papua. Pesawat Avia Star menghadapi masalah saat akan mendarat di Bandara Wamena, sekitar pukul 07.00 WIT, Kamis, 9 April 2009. Pesawat ini membawa muatan cargo BBM dari Jayapura. Pesawat kemudian jatuh di Kali Pikey, Distrik Karulu, Kabupaten Jayawijaya.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024