Indonesia Terkorup di Asia

Hendarman: Pemberantasan Korupsi Terus Jalan

VIVAnews - Jaksa Agung Hendarman Supandji mempertanyakan hasil riset lembaga The Political and Economic Risk Consultancy yang menempatkan Indonesia sebagai negara terkorup di Asia.

"Pemberantasan korupsi kita itu berjalan," kata Hendarman di usai menyontreng di Kompleks pejabat, Jalan Denpasar, Jakarta, Kamis 9 April 2009.

Hendarman menjelaskan, hal yang sulit dalam pemberantasan korupsi adalah masalah pembuktian. "seperti orang mencium bau siapa yang membuat bau, itu kesulitan kita," ujarnya. Di Indonesia, lanjut Hendarman, juga memiliki lembaga KPK. Bahkan pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK sudah berjalan bagus. "Dengan adanya penyadapan, tertangkap tangan."

Meski demikian, Hendarman mempertanyakan hasil survei tersebut. "Apakah itu hanya dalam bentuk dugaan saja," ujarnya.

Indonesia mendapatkan skor 8,32, dari skor terburuk 10. Sementara Thailand memperoleh skor 7,63, disusul Kamboja dengan skor 7,25, India 7,21 and VietnamĀ  7,11. Sedangkan Filipina yang menjadi negara terkorup tahun 2008 mendapatkan skor 7,0, atau menempati rangking enam sebagai negara terkorup di Asia.

Sementara Singapura (1,07) , Hongkong (1,89), dan Australia (2,4) menempati tiga besar negara terbersih, meskipun ada dugaan kecurangan sektor privat. Sementara Amerika Serikat menempati urutan keempat dengan skor 2,89.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024