Divestasi Saham Newmont

Meneg BUMN Tunjuk Penilai Independen

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal menunjuk penilai independen jika permintaan prioritas perusahaan pelat merah membeli saham PT Newmont Nusa Tenggara dikabulkan pemerintah.

"Belum (ditunjuk penilai independen), nanti lah. Kalau Menteri Keuangan bilang go, baru kami go," ujar Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil usai pemungutan suara Pemilu 2009, di Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta, Kamis, 9  April 2009.

Menurut Sofyan, kementerian sampai kini belum memikirkan penunjukan lembaga penilai independen tersebut. Namun jika hal itu dilakukan, pihaknya tidak akan menunjuk perusahaan dari BUMN untuk menilai harga wajar dari pembelian perusahaan tambang tersebut. "Bukan (BUMN), nanti tidak independen, yang pasti (penilai dari) BUMN tidak boleh karena akan muncul konflik kepentingan," ujar dia.

Menteri menuturkan, penunjukan penilai tersebut penting dilakukan agar keputusan pembelian saham Newmont bisa dipertanggungjawabkan.

Sebelumnya, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pernah ditawari saham Newmont senilai US$400 juta. Namun, perusahaan itu menolak karena harga tersebut dianggap kemahalan.

Sofyan mengatakan, pembelian saham Newmont harus dilakukan melalui konsorsium antara BUMN dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Atau, melalui konsorsium di antara perusahaan BUMN.

Terkait  jumlah saham yang akan dibeli, kementerian berharap jumlahnya mencapai 17 persen sesuai dengan keputusan Arbitrase Internasional. "Hak yang dijual kan 17 persen, bukan minimum. Kalau bisa semuanya, jika harganya tepat dan konsorsium bisa (membelinya) kenapa tidak. Jadi, kami perlu membentuk konsorsium BUMN dengan Pemda," ujar dia.

Untuk itu, dia menambahkan, jika konsorsium BUMN dengan Pemda terbentuk, pihaknya akan berdiskusi untuk membahas porsi dari kedua pihak. "Nanti kami bicara, ini kan sama-sama milik negara," katanya.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024