Pemilihan Umum 2009

Terkena Banjir, KPU Sumbar Batal Pemilu Ulang

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat memutuskan tidak ada Pemilu ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Tanjung Dama, Nagari Lareh Nan Panjang, Padang Pariaman, Sumatera Barat yang terkena luapan Sungai Batang Mangor.

Meskipun satu kotak suara DPR-RI masih dinyatakan hilang, KPU beralasan Pemilu ulang tidak perlu diulang karena sudah ada rekap penghitungan suara, dari empat orang saksi partai yang hadir di TPS tersebut.

Anggota KPU Sumbar Adryan  mengatakan, Pemilu ulang tidak jadi digelar karena data lima saksi yang hadir cukup kuat.

"Rekapnya sama dan mereka menerima hasil penghitungan suara yang dilakukan di TPS 03 Tanjung Dama," ujar Ardyan saat dihubungi, Jumat 10 April 2009. 

Menurut Ardyan, kejadian banjir yang menghanyutkan sejumlah kotak suara di TPS tersebut terjadi setelah proses penghitungan suara selesai.

Kotak suara yang hanyut berisi rekap hasil penghitungan suara dan sejumlah formulir lainnya yang akan dilaporkan ke tingkat kecamatan.

"Semua surat suara ketemu hanya saja petugas TPS setempat butuh membuat lagi berita acara penghitungan suara yang baru," ujar Ardyan.

TPS 03 Tanjung Dama, Nagari Lareh Nan Panjang, diterjang banjir karena berada sekitar 100 meter dari bibir Batang Mangor yang meluap. Data KPPS di TPS 03,  jumlah suara sah hasil penghitungan tercatat sebanyak 161 suara. Sedangkan jumlah pemilih mencapai 226 pemilih.

Luapan Batang Mangor menghanyutkan empat kotak suara yang berisi surat suara hasil penghitungan dan sejumlah formulir yang akan dilaporkan ke PPK.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Harga Emas Hari Ini 22 April 2024: Produk Global dan Antam Kompak Merosot
Kucing Maine Coon

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Seringkali diabaikan, tetapi memiliki dampak yang serius pada kesehatan kucing, Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) atau penyakit saluran kemih bawah pada kucing.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024