Lomba Artikel Pemilu 2009

Nilai Positif Dari Pesta Demokrasi

VIVAnews - Pemilu legislatif 2009 baru saja berakhir. Pernak-pernik momen sulit untuk dilupakan. semua orang setuju jika pemilu tahun ini adalah pemilu yang paling buruk sepanjang sejarah Indonesia. Tapi walau seperti itu, sejuta kenangan dalam pemilu tahun ini masih sangat berkesan.

Kebakaran Toko Bingkai Mampang, 5 Orang Terluka Dilarikan ke RS

Dari pemilu ini pun, ribuan masalah yang terjadi. Mulai dari masalah DPT yang kacau sampai masalah ditemukannya beberapa pelanggaran dalam kampanye. Misalnya: ditangkapnya beberapa oknum yang sedang minum minuman keras dalam kampanye, membawa anak kecil dalam kampanye dan tarian erotis dalam kampanye.

Sejenak jika kita membayangkan penyelenggaraan pemilu tahun ini terdapat beberapa pesan dan kesan dalam benak kita. Pemerintah yang diwakili KPU pun mengklaim bahwa mereka sudah bekerja keras dalam penyelenggaraan pemilu 2009. Di sisi lain, kubu oposisi yang diwakili PDIP lebih banyak menyoroti kekurangan dalam penyelenggaraan pemilu.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini

Kenyataan yang terjadi memang tidak semudah seperti yang tertulis dalam kertas. Hal ini banyak terjadi pada saat penyontrengan. Kesalahan-kesalahan pun dialami oleh beberapa orang, mulai saat membuka kertas suara sampai pada saat menyontreng. Dalam hati  timbul pertanyaan: “siapakah yang harus bertanggung jawab dalam kasus-kasus ini?”

Sungguh tidak bijaksana jika kita selalu memikirkan kekurangan-kekurangan pemilu ini. Lalu, apa saja nilai-nilai positif yang bisa kita petik dari penyelenggaraan pemilu 2009? Pertanyaan ini lebih dapat kita nikmati jika kita menjawabnya dengan sebuah senyuman dan gagasan-gagasan unik yang dapat membangun negeri ini agar lebih maju di masa depan.

Kasus Mayat Perempuan dengan Kondisi Wajah Hancur, Polisi Tangkap 3 Orang

Nilai-nilai positif yang dapat kita petik antara lain, banyak politikus menebar janji untuk membangun negeri ini dengan program-programnya, dan rakyat harus menagih janji-janji yang diberikan oleh politikus dalam kampanyenya.

Masyarakat harus lebih jeli dalam memilih partai, agar tidak menyesal pada masa depan. KPU harus bisa lebih bekerja sama dengan masyarakat agar penyelenggaraan pemungutan suara tidak menjadi kacau dan sesuai dengan prosedur.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada pelaksanaan kampanye terbuka partai politik, pedagang kaki lima pun mendapat keuntungan dari hasil penjualan barang dagangannya.

Tidak bisa dipungkiri pula bahwa dalam masa kampanye, banyak industri UMKM yang mendapat banyak imbas positif. Misalnya industri percetakan dan industri makanan dan minuman dan lain-lain.

Walaupun terdapat banyak nilai-nilai postif lain yang terjadi, sulit disimpulkan bahwa ini adalah pesta rakyat atau pesta segelintir rakyat. Rakyat pun sekarang sudah mulai cerdas dalam memilih wakil rakyatnya.

Dari beberapa cerita yang terjadi pada pemilu 2009, masyarakat dihadapkan pada harapan-harapan yang diberikan oleh para elit politik. Para elit politik pun diharapkan tidak menyia-nyiakan amanah yang akan diemban.

Jika bukan masyarakat sendiri yang mengawasi jalannya pemerintahan, lalu kepada siapa lagi kita akan menyerahkan masalah ini?

Kesimpulan yang menarik dari pemilu ini adalah terdapatnya harapan dan doa yang diiiringi masyarakat kepada wakil rakyatnya, walaupun diliputi rasa kecemasan terhadap apa yang akan terjadi pada masa depan Indonesia.

Semua pihak harus saling bergandeng tangan untuk saling bahu-membahu dalam membangun negeri dan kepercayaan masyarakat terhadap elit politik tidak pudar begitu saja. Majulah bangsaku, jayalah negeriku, hiduplah Indonesia raya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya