Proyek Pengurangan Rumah Kumuh

PBB Hibahkan Rp 11 Miliar pada Pemprov Solo

VIVAnews - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menangani perumahan (UNHABITAT) memberikan dana hibah Rp 11 miliar kepada pemerintah Solo untuk mengembangkan proyek percontohan perumahan.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Diperkirakan dana hibah untuk mengurangi perumahan kumuh di perkotaan selama empat tahun itu cair April 2009.

Menurut Deputi Pembiayaan Kementerian Negara Perumahan Rakyat Tito Murbaintoro, dari dana Rp 11 miliar tersebut 10 miliar di antaranya akan disalurkan melalui Badan Layanan Umum (BLU).

"Bank daerah Jawa Tengah dan BPR (Bank  Perkreditan Rakyat) merespon. Kita harapkan juga ada linkage (hubungan) antara koperasi dengan perbankan," katanya di Jakarta, Senin 12 April 2009.

Tito menambahkan, dalam mengurangi kawasan kumuh, Solo dinilai memiliki inovasi bagi permukiman dan perumahan di perkotaan. "Dana hibah Rp 11 miliar itu akan berlangsung selama empat tahun. Sedang masyarakat miskin yang meminjam kredit di koperasi dan BPR dijamin BLU," ujarnya.

Dia mengakui, Walikota Solo sudah mempresentasikan proyeknya pada forum menteri pengembangan perumahan dan perkotaan Asia Pasifik (APMCHUD) di Nairobi awal April lalu. Solo menjadi tuan rumah penyelenggara forum menteri perumahan ke-4 2010 mendatang. 

Selain adanya hibah dari UNHABITAT, kata Tito, pemerintah juga memberikan subsidi Kredit Pemilikan Rakyat (KPR) swadaya untuk pembangunan perumahan dalam mengurangi jumlah perumahan kumuh.  "Berapapun kebutuhan dana subsidi perumahan masih bisa dilakukan karena anggaran subsidi tahun ini cukup lumayan Rp 2,5 triliun," tuturnya.

Dia menambahkan, setelah proyek perumahan dan pengurangan kawasan perumahan kumuh di Solo, akan diikuti Yogyakarta. "Menyusul Pekalongan, tetapi nanti akan dilihat lagi kesiapannya," kata Tito.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024