20 Tahun Tragedi Hillsborough

VIVAnews - 15 April 1989 akan selalu menjadi saat sakral bagi klub dan pendukung Liverpool. Tragedi Hillsborough menjadi sejarah paling kelam dalam sepakbola Inggris.

Sebanyak 96 pendukung The Reds tewas setelah berjejalan di Stadion Hillsborough, markas Nottingham Forest saat kedua tim bertemu di babak semifinal Piala FA.

Memori menakutkan itu juga terus menggelayuti perjalanan Kenny Daglish. Saksi hidup tragedi memilukan ini juga mengakui dirinya dan kedua anaknya sempat terancam saat kejadian itu.

Ya, Daglish saat itu memang menjadi Manajer Liverpool. Kepada BBC, Senin 13 April 2009, Daglish mengakui kejadian itu tak akan pernah hilang dari ingatannya dan sejarah sepakbola Inggris.

"Saya selalu berpikir mengenai kejadian itu berkali-kali," ujar Daglish yang juga mengaku dua anaknya sempat nyaris menjadi korban.

"Kami menjadi salah satu keluarga yang beruntung. Anak kami pulang pada malam harinya, dan sejujurnya kami bersyukur meski bukan berarti tidak mempunyai simpati bagi mereka yang tidak beruntung," beber Daglish.

Meski mengaku dirinya sangat memahami derita para korban dan keluarga, namun Daglish mengaku tetap tak menutupi kebahagiannya saat mengetahui kedua putranya selamat.

Tak hanya Daglish, tragedi Hillsborough ini juga menjadi momen kelam bagi sang kapten Steven Gerrard. Pasalnya, sepupu Gerrard yang bernama Jon-Paul Gilhooley juga menjadi salah satu dari korban tewas.

Menariknya, peringatan 20 tahun tragedi memilukan ini akan menjadi satu rangkaian dalam laga The Reds ke kandang Chelsea, Rabu dini hari WIB, 15 April 2009.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024