Penghitungan Sementara Pemilu

Gerindra Taklukkan PBB di Sumatera Barat

VIVAnews - Partai Gerakan Indonesia Raya berhasil mengungguli perolehan suara Partai Bulan Bintang (PBB) di Sumbar. Partai termuda di Pemilu tersebut juga meninggalkan perolehan suara Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Hati Nurani Rakyat.

Gerindra dan Hanura yang merupakan pecahan partai Golkar tersebut berhasil merebut sekitar 6 persen suara pemilih sah di Sumbar. Gerindra memperoleh 4.429 suara atau 3,135 persen sedangkan Hanura mendapatkan 4.140 suara atau 2,93 persen.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Perolehan suara Gerindra dan Hanura menurut penghitungan sementara KPU hingga Senin 13 April 2009 mengungguli suara PBB yang baru mendapatkan 3.260 suara atau 2,307 persen. Padahal PBB merupakan salah satu partai pendukung Gubernur Sumatera Barat, Gamawan Fauzi.

Sementara Gerindra dan Hanura mendapat suara, Golkar malah menurun. Sekretaris Golkar Sumbar, Irdinansyah Tarmizi, enggan berkomentar tentang perolehan suara saudara Golkar tersebut.

“Kami belum melakukan kajian, apakah menurunnya perolehan suara Golkar di Sumbar karena tersedot dua partai tersebut (Gerindra dan Hanura),” ujar Irdinansyah. Hanya saja, ia mengakui, perolehan suara Golkar bersaing ketat dengan Demokrat di 16 kota kabupaten yang menjadi kantong suara Golkar pada Pemilu 2004.

Pada Pemilu 2004, di Sumatera Barat, partai beringin ini hanya kalah di Kota Padang, Pariaman, dan Kabupaten Mentawai. Data sementara tabulasi suara KPU Sumbar hingga saat ini, Demokrat masih memimpin dengan jumlah suara 36.988 atau 26,18 persen.

Golkar menguntit di posisi kedua dengan jumlah suara mencapai 23.930 suara atau 16,938 persen. Sedangkan posisi ketiga masih ditempati Partai Amanat Nasional dengan 15.810 suara bersaing ketat dengan PKS yang memperoleh 14.822. Sedangkan suara PDI-P terus melejit mendekati suara PKS dengan perolehan 12.574 suara atau 8,9 persen dari total suara yang masuk mencapai 141.283 suara.

Sekretaris Demokrat Sumbar Yulteknil sebelumnya mengatakan kemenangan Demokrat merupakan kemenangan masyarakat Sumbar. Menurut data penghitungan yang dilakukan PKS Sumbar, Demokrat mampu unggul di Agam dan Bukittinggi yang sebelumnya menjadi basis massa Golkar. Bahkan di sejumlah kantong suara Golkar pada Pemilu 2004, Demokrat mampu bersaing dan mengalahkan Golkar.

Laporan Eri Naldi | Padang

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 benar-benar membuat jantungan suporter Timnas

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024