Lebih Jauh Tentang Pil KB

VIVAnews - Bila pil KB jadi pilihan Anda sebagai alat kontrasepsi, sebaiknya kenali dulu kelebihan dan kelemahannya. Inilah info lebih lanjut tentang pil KB!

Cara kerja & cara pakai   
Mencegah ovulasi (lepasnya sel telur dari indung telur), membuat  endometrium
tidak berkembang & mengubah getah serviks jadi kental.  Akibatnya penetrasi sperma menjadi sulit. Diminum teratur setiap hari, dimulai pada hari kelima siklus haid.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Efektivitas   
90-96%

Keunggulan   
Risiko kecil terhadap tumor ovarium, infeksi rahim, endometriosis, radang rongga panggul, kanker rahim, tumor jinak payudara, kanker indung telur, hamil di luar rahim, dan osteoporosis.  Akseptor bebas dari ketidakteraturan haid, ketegangan menjelang haid, haid terlalu banyak, nyeri haid, dan anemia.   

Kelemahan
Mengakibatkan nafsu makan dan berat badan naik, cepat lelah, hipertensi, mual, dan keputihan. Tidak baik  dikonsumsi oleh pengidap gangguan fungsi hati, tumor ginekologis, depresi, yang berisiko tinggi terkena penggumpalan darah, berpenyakit jantung, ginjal, stroke, hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, kanker payudara, atau yang memiliki sejarah penyakit tersebut.  Wanita perokok juga dilarang.

Yang perlu diperhatikan
• Saat yang baik untuk mulai minum pil KB adalah hari kelima siklus haid.  Untuk pascapersalinan, pil diminum sesudah bayi berumur 30-40 hari.

• Umumnya, setiap setrip kemasan pil terdiri dari 28 tablet.  Ini harus diminum setiap hari tanpa berhenti.  Sedang untuk pil kemasan 21-22 tablet, setelah diminum sampai habis, dihentikan selama 6-7 hari.  Setelah itu, mulailah kembali pemakaian pil bungkus baru. Agar mudah diingat, minumlah pil pada waktu sama setiap harinya. 

• Bagi yang mudah mual, lebih baik mengkonsumsinya setelah makan malam.  Bila lupa, minumlah pil segera setelah ingat. Esoknya, minum lagi seperti biasa. Jika lupa 2 pil berturut-turut, minum 2 pil segera ketika ingat, dan 2 pil lagi pada waktu biasa di hari berikutnya.

• Ada pil KB yang hanya mengandung hormon progesteron, disebut mini pill.  Pil mini ini dianjurkan bagi yang mudah mual. Pemakaiannya harus dikonsultasikan ke dokter.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024