Polisi Sweeping Perusuh Alor

VIVANews-Aparat keamanan di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, mulai melakukan sweeping untuk menangkap perusuh. Sebagian jalur jalan keluar Kalabahi diblokir, guna mencegah pelarian perusuh keluar kota.

Bupati Alor, Simeon Th Pally, yang dihubungi melalui telepon selulernya pada Selasa 14 April 2009, mengatakan, bantuan personil Brimob Polda NTT sudah tiba di Kalabahi, pada Selasa dinihari. ”Mereka langsung apel siaga untuk mengendalikan situasi,” ujar Simeon yang baru dilantik menjadi Bupati awal Maret 2009.

Mengenai penyebab kerusuhan, menurut Simeon, berawal dari kesalahpahaan antar geng pemuda. ”Kerusuhan ini tidak ada kaitan dengan masalah pemilu atau masalah suku, agama dan ras," katanya. "Ini kriminal murni. Saya sudah minta aparat keamanan agar bertindak tegas, menangkap para perusuh dan diproses hukum."

Dia berharap, dengan adanya tambahan personil Brimob dapat membantu memulihkan situasi keamanan. ”Mereka yang terlibat harus diproses hukum agar menjadi pembelajaran bagi masyarakat Alor,” katanya.

Simeon mengakui, Pasar Inpres Kalabahi yang baru direnovasi tahun 2005 lalu, dibakar dalam kerusuhan lanjutan, Selasa dinihari.  ”Ada beberapa petak pasar dan sebuah toko yang terbakar,” katanya.

Situasi keamanan didaerah itu, mulai kondusif, meski warga masih takut keluar rumah. ”Pemerintah akan memberikan bantuan darurat bagi korban kebakaran,” katanya.


Laporan: Jemris Fointuna | Kupang

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024