Populasi Baru Orangutan Kalimantan

VIVAnews – Para ahli lingkungan baru saja menemukan populasi orangutan baru di daerah gunung pedalaman pulau Kalimantan. Jumlah populasinya diperkirakan sekitar 2.000 ekor.

"Kami tidak bisa memastikan berapa jumlah orangutan yang ada tetapi kemungkinan jumlahnya ribuan ekor," kata Erik Meijaard, kepala The Nature Conservancy Amerika.

Populasi baru tersebut ditemukan di daerah gunung kapur bagian timur pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan memang rumah tinggal para orangutan, diperkirakan ada 50.000 orangutan yang tinggal di sana.

Para ahli lingkungan menyarankan untuk segera melakukan perlindungan pada daerah tersebut. Hal itu agar habitat orangutan tidak didatangi pemburu dan penebang liar. Karena, jika para penebang liar datang, kemungkinan besar orangutan banyak yang mati karena sumber-sumber makanan mereka yang berasal dari pepohonan sudah ditebang.

Jumlah orangutan di Indonesia setiap tahun memang semakin berkurang. Hal itu karena pepohonan sebagai sumber makanan dan tempat mereka tinggal sudah banyak yang ditebang. Hutan pun sudah banyak yang rusak karena penebangan liar maupun kebakaran.

Karena itu, orangutan termasuk hewan yang langka dan dilindungi oleh negara. Orangutan juga harus tetap berada di habitatnya dan tidak boleh dipelihara oleh manusia.

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 
Belimbing Wuluh atau belimbing sayur

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya mengenai deretan manfaat belimbing wuluh.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024