Asing Boleh Ikut Tender BWA

VIVAnews - Tender BWA akhirnya menemui titik cerah. Setelah salah satu diktum Kepmenkominfo no.4/2009 tentang kriteria calon peserta seleksi tender BWA direvisi, pemerintah memperluas kriteria calon peserta seleksi. Dengan demikian, para penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi yang mayoritas sahamnya dimiliki asing dimungkinkan untuk ikut serta tender broadband wireless access (BWA) melalui konsorsium.

Seperti dijelaskan dalam siaran pers resmi Depkominfo, konsorsium ini merupakan gabungan dari penyelenggara jaringan telekomunikasi dan/atau penyelenggara jasa telekomunikasi.

“Tujuan perluasan kriteria ini adalah untuk memberi kesempatan dan peluang kepada perusahaan yang bergerak dalam penyelenggaraan layanan pita lebar nirkabel atau wireless broadband tetapi mempunyai keterbatasan modal atau ingin berbagi resiko, untuk turut serta dalam proses seleksi ini,” kata Kepala Pusat Informasi Depkominfo Gatot S Dewa Broto, seperti dikutip VIVAnews Selasa 14 April 2009.

Rencana perluasan kriteria calon peserta ini dilakukan, menurut Gatot, tidak karena adanya kepentingan ataupun tekanan tertentu, melainkan karena salah satu koridor hukumnya tetap mengacu pada Peraturan Presiden No.77 tahun 2007 tentang Daftar Bidang Usaha Yang Tertutup dan Bidang Usaha Yang Terbuka Dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal dan Peraturan Presiden No. 111 tahun 2007 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden No.77 tahun 2007 tentang Daftar Bidang Usaha Yang Tertutup dan Bidang Usaha Yang Terbuka Dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal.

Dalam Keputusan Menteri Kominfo No. 4/KEP/M.KOMINFO/1/2009 tentang Peluang Usaha Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal Berbasis Packet Switched Yang Menggunakan Pita Frekuensi Radio 2.3 GHz Untuk Keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel (Wireless Broadband), pada diktum kedua disebutkan bahwa peluang usaha sebagaimana dimaksud dalam Diktum Pertama diberikan kepada penyelenggara jaringan telekomunikasi dan/atau penyelenggara jasa telekomunikasi. Sementara pada diktum keempat disebutkan bahwa seleksi sebagaimana dimaksud dalam diktum Ketiga mulai dilaksanakan selambat-lambatnya tiga bulan terhitung sejak ditetapkannya Keputusan Menteri ini.

Usai Mudik Lebaran, Pendatang Baru di Tangerang Turun hingga 50 Persen
Debut Justin Hubner Bersama  Cerezo Osaka di J1 League

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

Justin Hubner bermain sejak menit pertama dalam pertandingan J League Cup antara Cerezo Osaka melawan Morioka di Iwagin Stadium, Rabu 17 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024