Meredam Hasrat Ngemil

VIVAnews - Sering tak bisa mengontrol keinginan ngemil? Hati-hati, berat badan Anda bisa melambung. Selain olahraga teratur, mengendalikan asupan makan juga perlu agar bentuk tubuh yang diidam-idamkan tercapai.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Masalahnya, hobi ngemil Anda sering mengakibatkan olahraga yang Anda jalani tidak juga membuahkan hasil. Maka itu, agar olahraga dan diet bisa sejalan dengan seimbang. Anda bisa menyiasati kebiasaan ngemil dengan:

- Banyak makan berserat
Rasa lapar biasanya disertai keinginan untuk terus mengunyah. Ini bisa diakali dengan memilih makanan berserat, seperti buah (apel, pepaya, jambu, jeruk, dan sejenisnya), sayur (mentimun, sayuran salad, dan sejenisnya), atau makanan  kaya serat dan bukan olahan yang menggunakan minyak (jagung rebus, kentang rebus, dan sejenisnya).  Serat  memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Maka, kemungkinan untuk iseng mengemil lagi bisa ditahan. 

- Kurangi makanan olahan
Makanan camilan yang sudah mengalami proses pengolahan, seperti keripik kentang, keripik singkong, dan sejenisnya tidak manjur menghapus rasa lapar. Meski sudah menyantapnya dalam jumlah besar, tetap saja nafsu makan Anda belum juga terpuaskan.

Lebih baik puaskan rasa lapar dengan makanan dalam bentuk utuhnya. Misalnya, sepotong jagung, ubi, singkong, atau kentang  utuh yang direbus jauh lebih baik daripada olahannya dalam bentuk keripik. Kalorinya terbatas (karena tak diolah dengan minyak), seratnya banyak, serta lebih cepat mengenyangkan dan rasa kenyangnya  bertahan lebih lama.

- Tetap mengkonsumsi karbohidrat
Konon, supaya tetap langsing, kita perlu mengurangi karbohidrat. Pendapat ini tak benar. Untuk mencapai berat badan seimbang, yang perlu dikurangi atau bahkan dihindari adalah asupan lemak. Sementara karbohidrat tetap dibutuhkan keberadaannya dalam tubuh. Dibanding lemak, karbohidrat memang sumber energi yang lebih mudah dipecah oleh tubuh.

- Makanlah dalam porsi kecil
Usahakanlah untuk tidak membuat perut kosong. Kondisi ini membuat Anda sangat kelaparan yang kemudian mendorong Anda ingin makan lebih banyak. Tidak masalah sebenarnya, bila Anda dapat membagi porsi besar makanan Anda menjadi beberapa porsi kecil. Artinya Anda boleh makan beberapa kali sehari asalkan dalam porsi kecil. Sebaiknya isilah perut setiap tiga jam, dengan porsi sedikit.

- Perbanyak minum air putih
Bagi yang ingin berdiet, air putih sangat membantu dalam metabolisme makanan. Air putih membantu terbentuknya cairan kimia tubuh yang digunakan dalam metabolisme makanan yang masuk. Dengan meminum 2 gelas air putih sebelum makan, akan menurunkan nafsu makan yang tinggi, sehingga dapat membantu dalam pengontrolan makanan, terutama ngemil.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi
Hotman Pandapotan Siahaan (kanan)

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

PDIP Sumbar menang gugatan atas kadernya yang menggugat pencopotan sebagai anggota DPRD dan digantikan PAW

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024