Mulai Masuk Layanan Internasional

Bakrie Telecom Akhiri Duopoli Layanan SLI

VIVAnews - PT Bakrie Telecom Tbk secara resmi melayani jasa telepon internasional dengan kode akses 009. Beroperasinya layanan telepon internasional Bakrie Telecom ini sekaligus menandai berakhirnya era duopoli telekomunikasi penyelenggaraan layanan SLI di Indonesia.

Peresmian layanan sambungan internasional itu dilakukan setelah Bakrie Telecom mendapatkan lisensi jaringan tetap SLI (Sambungan Langsung Internasional) dari pemerintah pada September 2007.

Macet Buntut Mudik Lokal dan Tempat Wisata, Contraflow Diberlakukan ke Arah Ciawi

Kemudian, Btel memperoleh izin penyelenggaraan jaringan tetap sambungan internasional pada Februari 2009 dari Menteri Komunikasi dan Informatika. Isinya mengizinkan Btel menyelenggarakan jasa-jasa teleponi dasar berupa jasa telepon, faksimili, teleks, telegraf dan data.

Bakrie Telecom juga dapat menyelenggarakan fasilitas tambahan (fitur) yang melekat pada jasa telepon dasar seperti SMS (Short Messaging Service) dan MMS (Multimedia Messaging Service). Karena itu Bakrie Telecom bisa menggunakan kode akses sambungan internasional 009.

”Bakrie Telecom siap melayani kebutuhan sambungan langsung internasional. Peresmian ini bagian dari langkah perusahaan untuk menjadi full service network provider,” ujar Presiden Direktur Bakrie Telecom, Anindya N Bakrie dalam siaran pers Bakrie Telecom di Jakarta, Rabu, 15 April 2009.

Sampai dengan akhir Desember 2008, Bakrie Telecom telah membangun dua sentral gerbang internasional di Jakarta dan Batam. Bakrie Telecom juga membangun jaringan fiber optik Sarana Komunikasi Kabel Laut Internasional antara Batam dan Singapura, satu landing point di Batam, jaringan transmisi antar Sentral Gerbang Internasional dan jaringan keterhubungan dengan lokasi Indonesia Internet Interchange.

Ke depan, menurut Anindya, Bakrie Telecom segera membangun Sentral Gerbang Internasional di Surabaya, Medan dan Makasar. Bakrie juga akan membangun fiber optik backbone SKLL Internasional Kupang – Darwin Australia sepanjang kurang lebih 1.233 km dan pembangunan satu landing point di Kupang.

Bakrie Telecom berencana mensinergikan upaya perluasan wilayah layanan yang kini telah mencapai 64 kota pada akhir 2008 dengan layanan sambungan internasional dan sambungan jarak jauh yang lisensinya baru saja didapatkan Desember lalu sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pelanggan.

"Ini tentu saja berupa layanan telekomunikasi yang terjangkau dan berkualitas serta memenuhi komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Dia mengakui dengan layanan telepon internasional ini akan memperkuat posisi Bakrie Telecom sebagai operator telekomunikasi nasional. Di satu sisi kontribusi perusahaan membuka akses masyarakat ke pentas internasional lebih luas lagi serta menambah potensi pelanggan. Layanan internasional ini akan memberikan potensi pendapatan melalui percakapan telepon internasional.

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Apriyani/Fadia dan Gregoria Mariska Lolos, 6 Pebulutangkis Indonesia Tembus Olimpiade 2024

Sebanyak enam atlet Indonesia dari cabang olahraga bulutangkis sudah mengamankan tiket ke Olimpiade 2024. Ini berdasarkan update rangking Race to Paris.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024