Sun Rilis Software Virtualisasi Terbaru

VIVAnews - Sun Microsystems, Inc., mengumumkan ketersediaan Sun VirtualBox 2.2. Aplikasi tersebut merupakan software virtualisasi open source gratis berkinerja tinggi.

Dibanding sebelumnya, VirtualBox 2.2 memperkenalkan dukungan standar Open Virtualization Format baru. Kinerja yang ditingkatkan dan berbagai update dilakukan oleh Sun terhadap aplikasi yang bisa didownload dari situs resminya di sini.

“Kami melihat peluang yang sangat besar. VirtualBox selama ini telah menjadi perangkat yang luar biasa bagi para pengembang untuk menciptakan banyak mesin virtual, menggabungkan mesin-mesin tersebut ke dalam suatu jaringan dan menjalankannya dengan menggunakan hampir semua jenis sistem operasi,” kata Jim McHugh, Vice President Datacenter Software Marketing Sun. “Kini, dengan fitur impor dan ekspor yang baru dari rilis VirtualBox 2.2, para pengguna dapat dengan cepat dan mudah memindahkan dari tahap pengembangan ke tahap produksi pada desktop, server atau bahkan komputasi cloud,” ucapnya.

OVF sendiri merupakan standar Distributed Management Task Force (DMTF) yang memungkinkan mesin atau perangkat virtual untuk diimpor dan diekspor. Perangkat virtual merupakan satu atau beberapa mesin virtual yang sudah terpasang dan tersusun sehingga dapat digunakan secara bersamaan, diaktivasi dan didistribusikan. Dengan VirtualBox 2.2, pengguna dapat membangun mesin atau perangkat virtual dan dengan mudah mengekspornya dari sebuah lingkungan pengembangan dan mengimpornya ke dalam sebuah lingkungan produksi. Dukungan untuk OVF juga membantu memastikan bahwa software VirtualBox 2.2 dapat beroperasi dengan teknologi lainnya yang sesuai standar.

Fitur - fitur tambahan dari software VirtualBox 2.2 meliputi:
- Optimalisasi Hypervisor yang membuat versi terbaru VirtualBox menjadi lebih cepat dibanding sebelumnya.
- Akselerasi grafik 3D untuk aplikasi Linux dan Solaris dengan menggunakan OpenGLR, yang memungkinkan seluruh kelas aplikasi untuk beroperasi pada mesin virtual.
- Dukungan untuk Snow Leopard, platform 64-bit yang akan diluncurkan oleh Apple.
- Kapasitas maksimal memori guest yang semakin tinggi, sampai dengan 16GB RAM.
- Mode host-interface jaringan baru, yang semakin memudahkan pengoperasian aplikasi server pada mesin virtual Software VirtualBox disediakan gratis untuk penggunaan pribadi.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Untuk penggunaan yang lebih luas dalam sebuah organisasi, tersedia juga sistem berlangganan bagi perusahaan. Pendaftaran untuk berlangganan dukungan bagi perusahaan dapat dilakukan dengan mengunjungi situs Sun.

Saat ini VirtualBox sudah didownload lebih dari 11 juta kali dari seluruh dunia dan 3,5 juta pengguna mendaftarkan diri sejak Oktober 2007. Dengan ukuran file instalasi hanya 50 megabyte, software VirtualBox sangat ringan dan dan hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk instalasi dan menyiapkan mesin virtual.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024