Beton Pintu Air Jagakarsa Retak

VIVAnews - Jebolnya tanggul Situ Gintung yang menelan banyak korban, membuat Pemerintah Kota Jakarta Selatan mulai menginventarisir kerusakan pada sejumlah bendungan dan pintu air.

Saat ini diketahui telah terjadi kerusakan pada bagian turap (dinding) penahan Pintu Air Talang Seng Jagakarsa. Retakan di dua sisi yang memanjang 1-2 meter rencananya akan diperbaiki dalam waktu dekat.

Mengenai kerusakan tersebut, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) melalui Sudin PU Air, saat ini telah meninjau lokasi retakan yang berada di Jl Mohammad Kahfi II RT 06/09, Kelurahan Srengsengsawah, Jagakarsa.

Di lokasi ditemukan dua titik retakan cukup besar. Retakan pada turap sebelah kanan terjadi di bagian bawah dengan panjang retakan sekitar dua meter.

Kondisi ini tidak terlalu dikhawatirkan warga, karena posisi retakan kanan bersebelahan dengan jalan umum.

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran


Kekhawatiran warga yang rumahnya berada dekat lokasi justru pada retakan yang berada di sebelah kiri, karena kondisinya hampir terbelah dengan panjang sekitar satu meter.

Menanggapi kerusakan itu, Kasudin PU Tata Air Jaksel, Endang Setiawati, mengungkapkan, akan segera memperbaiki kerusakan tersebut.

Menurutnya, sebagian dinding turap sudah diperbaiki dan khusus keretakan yang besar akan dilakukan perbaikan secara intensif.

"Untuk perbaikan yang bersifat darurat kita akan segera lakukan secepatnya. Jadi kita tidak bisa melewati tender lagi karena menyangkut keselamatan manusia,” ujarnya.

Untuk mengetahui kerusakan pada pintu air itu, lanjut Endang, timnya menerjunkan seorang penasehat ahli dan Kepala Seksi Pemeliharaan Saluran yang ditugaskan untuk mengukur tingkat kerusakan dan memberi masukan terkait langkah perbaikan ke depan.

"Kami sudah mengirim tim ahli untuk tindak lanjut perbaikan," tukasnya.

Dial, 34, warga Jl Mohammad Kahfi II RT 06/09, Srengsengsawah, yang rumahnya berdekatan dengan turap, mengaku kerusakan terjadi disebabkan kontur tanah di sekitar lokasi yang sering bergerak.

"Di sini tanahnya lembek, jadi gampang sekali bergerak. Tahun lalu sudah diperbaiki, tetapi rusak lagi karena faktor tanah yang tidak padat,” katanya.

Ia menambahkan, sejumlah warga berharap kerusakan itu segera diperbaiki, karena saat ini masih terjadi intensitas hujan. Sehingga dikhawatirkan turap tak mampu lagi menahan volume air yang tinggi.

Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024