Pemilu India

Kakak-beradik Gandhi Kembali Berlaga

VIVAnews - Priyanka Vadra, putri Sonia Gandhi- presiden partai Kongres dan janda mendiang perdana menteri Rajiv Gandhi - ikut berkampanye untuk kakak lelakinya, Rahul Gandhi.

Tempat Produksi Tembakau Sintetis di Kos Digerebek Polisi, Modusnya Pelaku Berindah-pindah

Kakak-beradik itu kini menjadi andalan bagi dinasti Gandhi untuk menentukan masa depan India sepeninggal ayah, nenek, hingga buyut mereka, yaitu Rajiv Gandhi, Indira Gandhi, dan Pandit Jawaharlal Nehru

Jika partai Kongres dan sekutunya memenangkan pemilihan umum (pemilu) India, yang dimulai hari ini, Kamis 16 April 2009, Rahul memiliki kesempatan untuk menggantikan Perdana Menteri India yang telah berusia 76 tahun, Manmohan Singh.

"Saya yakin sepenuhnya pada kakak saya. Dia adalah pekerja keras. Menurut saya, dia sangat berkualitas. Jadi, satu hari nanti dia akan menjadi PM dan dia akan melaksanakan tugasnya dengan sangat baik," kata Vadra kepada para wartawan saat berkampanye untuk Rahul, Minggu pekan lalu di kota Amethi, seperti dikutip dari laman Times of India

Perempuan politisi berusia 37 tahun itu mengatakan bahwa Rahul memiliki kemampuan memimpin. Dia sudah teruji sebagai anggota partai Kongres yang memiliki tanggung jawab, serta memenuhi kualifikasi untuk menjadi PM.

BKN Ingatkan ASN Tak Boleh Menolak Dipindahkan ke IKN

"Dia pasti akan menjadi PM India berikutnya," kata Vadra yakin. Namun agar pernyataan itu tidak tampak mengurangi otoritas Singh di tengah musim kampanye, Vadra menambahkan bahwa kandidat PM dari partai Kongres pada saat ini adalah Singh.

Ini adalah untuk kali pertama seseorang dari keluarga besar Gandhi secara terbuka menyatakan keinginan mereka untuk melihat Rahul Gandhi duduk sebagai PM. Singh juga pernah mengatakan bahwa Rahul memenuhi kualifikasi untuk menjadi PM.

Berbeda dengan kakaknya, sejauh ini, Vadra belum berkecimpung penuh dalam dunia politik. "Dengan bertambahnya usia, saya sadar bahwa kata 'tak akan pernah' adalah kata yang buruk untuk dikatakan. Jadi saya tidak akan mengatakan 'tidak akan pernah'.

Namun saya tidak merasa bahwa bergabung dengan politik adalah tindakan yang akan saya lakukan," kata Vadra. "Politisi harus memiliki tujuan untuk membangun negara. Politikus kita harus membawa India maju ke depan," kata Vadra.

Kakak Vadra, Rahul Gandhi, bisa mengikuti jejak ayahnya, Rajiv Gandhi; neneknya, Indira Gandhi; dan kakek buyutnya, Jawaharlal Nehru. Dalam kampanye di kota Bathinda, kepada para pendukungnya, Rahul berseru, "Masa depan adalah milik generasi muda India," kata Rahul.

"Generasi muda India mengharapkan perubahan dalam politik, perubahan cara kita dalam berpolitik. Saya kira itu sangat fundamental," lanjut Rahul. Seperti dikutip dari Times Online, Kamis 16 April 2009, pria 38 tahun yang menimba ilmu di Inggris dan Amerika Serikat ini menjadi kandidat PM dari kalangan muda.

Prof. Dr. Ahmad Mulyana, M. Si. (Dekan Fikom Universitas Mercu Buana)

Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana

Dengan menggunakan rancangan desain paradigma kritis, penelitian tersebut berusaha membongkar cara kerja ideologis di balik konten digital dengan format kekerasan verbal.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024