12 Menteri Bahas Stimulus Fiskal

VIVAnews - Kamis 16 April 2009, sekitar 12 Menteri perekonomian akan mengadakan rapat koordinasi menteri-menteri bidang perekonomian.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Pertemuan ini akan membahas stimulus dan persiapan pertemuan Asian Development Bank (ADB) di Bali pada 2-5 Mei mendatang. Rapat Koordinasi Akan diadakan di Ruang Grahasawala Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, pukul 14.00 WIB.

Seperti diketahui bahwa pertemuan di Bali, negara-negara Asean plus 3, sepakat untuk menaikkan modal ADB sampai 200 persen guna menyiapkan pendanaan dalam masa krisis. Para Menteri Keuangan anggota Asean plus Jepang, China, dan Korea Selatan, pada Februari lalu sepakat menggalang dana hingga US$ 120 miliar. Dana disiapkan untuk membantu cadangan devisa negara anggota Asean plus 3 yang dapat ditarik kapan saja. 

Sebesar 20 persen dari dana tersebut disumbang dari sepuluh negara Asean dan sisanya 80 persen disumbang oleh tiga negara yakni Korea Selatan, China, dan Jepang.

Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand sepakat berkontribusi, masing-masing US$ 4,76 miliar. Sementara Filipina menyumbang US$ 3,68 miliar dan kelima anggota ASEAN lainnya, seperti Kamboja, Laos, serta Myanmar akan berkontribusi sesuai jumlah cadangan devisanya.

Agenda stimulus yang tertunda juga akan dibahas dalam pertemuan ini. Semalam Kepala Bappenas Paskah Suzetta mengatakan pemerintah akan selalu mengupayakan agar pelaksanaan stimulus infrastruktur senilai Rp 12,2 triliun bisa segera dilakukan.

Paskah yakin jika alokasi perubahan program seperti yang sedang di bahas oleh DPR pelaksanaanya bisa menyesuaikan. "Nanti efektivitas pelaksanaan stimulus ini akan terasa 2-3 bulan lagi," katanya. Seperti diketahui sampai April ini masih ada empat Kementrian/Lembaga yang belum mendapatkan DIPA pelaksanaan stimulus infrastruktur tersebut.

Rapat Koordinasi Menteri-Menteri Bidang Perekonomian ini antara lain akan dihadiri oleh Menteri Perekonomian Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perdagangan Marie Pangestu, Menteri Perindustrian Fahmi Idris, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Kepala Bappenas Paskah Suzetta, Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali, Menteri Perhubungan Jurman S Djamal, Menkominfo Muhammad Nuh, Meneg Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Lukman Edy, Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi, Menteri Kehutanan MS Kaban, Kepala BPS Rusman Heriawan.

Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024