Pasar Bata Putih Siap Tampung Pedagang Kecil

VIVAnews - Meski penertiban pedagang kaki lima (PKL) di 10 lokasi binaan usaha masih direncanakan oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, namun PD Pasar Jaya mengaku sudah siap untuk membantu jika rencana tersebut terealisasi.

Saat ini, PD Pasar Jaya telah menyediakan 450 unit kios dan los di Pasar Bata Putih ( Pasar Inpres Kebayoran Lama) kel Grogol Selatan, Kebayoranlama. 

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Tak hanya itu, PD Pasar Jaya juga berjanji akan memberikan berbagai kemudahan. Di antaranya, selama enam bulan pertama, pedagang diberi hak pinjam pakai.
Hanya saja, saat akan menggunakan los/kios, pedagang wajib membayar biaya administrasi antara Rp 250 ribu sampai Rp 500 ribu.

Di samping dapat menikmati kemudahan hak pinjam pakai, para pedagang juga bisa meningkatkan statusnya menjadi hak guna pakai selama 20 tahun ke depan.
Bahkan, biaya sewa kios dapat diangsur per hari berdasarkan kemampuan pedagang.

"Jadi kita memang ingin memberikan yang terbaik buat pedagang," kata Risa Umy, Supervisor Pasar Bata Putih.

Untuk menentukan besaran angsuran tersebut, Risa menjelaskan, pedagang terlebih dahulu melakukan permohonan dan akan disurvei oleh petugas terkait omzetnya.

Kemudian petugas akan melaporkan hasilnya kepada pengelola Pasar Bata Putih. Selanjutnya PD Pasar Jaya akan mengeluarkan nilai angsuran yang wajib dibayar oleh pedagang.

Kendati demikian, Risa menyatakan, besaran angusuran tersebut tidak akan memberatkan para pedagang. Sebab, PD Pasar Jaya telah mematok kisarannya, yaitu terendah Rp 20 ribu per hari dan tertinggi Rp 50 ribu per hari.

"Cicilan Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu per hari itu, menurut saya relatif ringan," ungkapnya.

Ia menuturkan, harga sewa setiap kios dan los bervariasi tergantung ukurannya. Untuk harga kios mulai dari Rp 70 juta hingga Rp 90 juta. Sedangkan untuk los, mulai dari Rp 35 juta hingga Rp 40 juta.

 "Di Pasar Bata Putih ini terdapat 874 unit kios dan los. Namun yang sudah ditempati baru 397 unit, sedangkan 450 unit lagi siap menjadi tempat penampungan PKL," katanya
 
Pasar ini terdiri dari tiga blok, yaitu blok A, blok B, dan blok C. Selain di Pasar Bata Putih ini juga tidak hanya diperuntukan bagi pedagang semi grosir seperti sembako saja, melainkan juga bagi pedagang sayur, ikan, emas, dan ayam.

"Hanya saja, untuk pedagang ayam potong tidak boleh melakukan aktivitas pemotongan ayam di tempat agar kebersihan pasar tetap terjaga,” ujar Risa.

Vivi, mewakili Bagian Pemasaran dan Administrasi PT Tetra Konstruksi Indonesia, mengatakan, selaku pengembang Pasar Bata Putih, PT Tetra mengaku siap untuk memberikan yang terbaik bagi para pedagang.

“Jika lokbin digusur pada dasarnya kita siap menampung mereka. Kita juga siap menampung PKL yang berada di depan dan belakang Pasar Bata Putih yang jumlahnya mencapai 250 pedagang,” ujarnya.

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024