Pemilu 2009

Parpol Juga Berperan dalam Kisruh DPT

VIVAnews - Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Hendardi, mengkritisi sejumlah parpol yang mengangkat kisruh daftar pemilih tetap setelah mendapati perolehannya suaranya minim.

"Terlepas dari fakta kisruh DPT, partai-partai politik melalui fraksi di DPR memiliki tanggung jawab yang sama dengan pemerintah," kata dia, Kamis 16 April 2009.

Mempermasalahkan kisruh DPT usai pemungutan suara sangat tak proporsional bagi parpol peserta pemilu. Sebab, Undang Undang Pemilu sudah mengatur hak dan kesempatan bagi parpol untuk terlibat sejak September 2008.

Ia berharap kisruh DPT tak berkembang sebagai wacana negatif berkepanjangan. Hal itu justru akan mengurangi legitimasi kepemimpinan baru. "Dugaan kecurangan sistematis yang dilakukan oleh pemerintah harus dibuktikan oleh partai politik di Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

Hendardi mengatakan, para komisioner pemilihan umum juga tidak perlu mengundurkan diri di tengah proses yang sedang berlangsung. "Jika mundur, prahara lebih besar sangat mungkin terjadi," ujarnya.

Namun, para komisioner harus mundur setelah seluruh tahapan pemilihan presiden usai. "Sebagai bentuk pertanggungjawaban moral dan intelektual," kata Hendardi.

Senin 13 April lalu, sebanyak 15 tokoh dari sejumlah parpol menandatangani kesepakatan bersama dalam Pertemuan Teuku Umar. Salah satu isi kesepatakan adalah menuntut pemerintah menuntaskan kisruh daftar pemilih tetap. Sekjen PDIP Pramono Anung menyebut ada 45 juta warga tak masuk DPT.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui
Ilustrasi penis.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Berbicara ukuran penis mungkin akan dipandang sebagai sesuatu yang tabu, tapi sebagian dari pria di dunia kerap membicarakan hal ini entah itu lebih besar atau lebih baik

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024