PDI Perjuangan

Belum Pernah Ada Pemilu Susulan Sebanyak Ini

VIVAnews - Selain menetapkan calon wakil presiden, Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan juga akan mengevaluasi hasil Pemilu Legislatif. Bahan evaluasi ini berdasarkan laporan dugaan kecuarangan dan pelanggaran yang masuk dari para pengurus cabang.

"Belum pernah dalam sejarah kita ada Pemilu susulan sebanyak ini. Pada zaman Ibu Mega, Pemilu susulan hanya terjadi di 4 TPS (Tempat Pemungutan Suara). Sekarang, Pemilu susulan terjadi di hampir semua daerah propinsi dan kabupaten," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Pramono Anung.

Hal itu disampaikan Pramono usai rapat internal pengurus Dewan Pimpinan Pusat di kediaman pribadi Ketua Umum, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis 16 April 2009.

Menurut Pramono, Pemilu susulan merupakan akibat dari kesalahan kertas suara yang tertukar di berbagai tempat dan juga perhitungan yang melebihi ketentuan undang-undang. Pramono mengatakan, undang-undang telah mengatur bahwa perhitungan itu tidak boleh melebihi hari pemilihan atau ketika hari pencontrengan dilakukan.

"Sampai sekarang masih ada beberapa daerah yang melakukan perhitungan. Sehingga ini memprihatinkan. Ini semakin memperkuat apa yang telah disampaikan para tokoh dan Ibu Mega bahwa Pemilu kali ini memang sungguh sangat buruk," ujar dia.

Oleh karena itu PDI Perjuangan tidak mau keburukan dan kesemrawutan itu terbawa sampai ke Pemilu Presiden. Maka dari itu, PDI Perjuangan siap mengawal agar persoalan Daftar Pemilih Sementara tidak berantakan. Untuk Pemilu Presiden proses administrasi Daftar Pemilih Sementara akan berakhir 20 April dan Daftar Pemilih Tetap akan berakhir 10 Mei.

"DPP PDIP instruksikan ke cabang untuk buat posko pengaduan DPT yg lalu. Dengan demikian tidak ada lagi persoalan-persoalan yang serius dan sistemik untuk pelanggaran tentang DPT (pada Pemilu Presiden) nanti," ujar dia.

Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan akan digelar Kamis, 23 April 2009 di DPP PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Ketua Pelaksana adalah Tjahjo Kumolo. Rakernas itu hanya akan dihadiri para Ketua dan sekretaris umum partai tingkat daerah dan Ketua Badan Pemenangan Pemiilu PDIP.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024