Cair Pekan Ini

Stimulus Rp 3 Triliun untuk Infrastruktur

VIVAnews - Dalam minggu ini dana stimulus infrastruktur dari Departemen Pekerjaan Umum senilai Rp 3 triliun diperkirakan sudah akan turun. Pencairan ini sudah bisa dilakukan karena status DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) proyek sudah disepakati oleh Dewan.

"Statusnya sudah disepakati oleh DPR dan tinggal menunggu proses persetujuan anggaran saja," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam jumpa pers di Kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis sore, 16 April 2009.

Ia mengatakan bahwa dari total seluruh anggaran DIPA PU untuk infrastruktur senilai Rp 6,6 triliuin, hanya tinggal Rp 3,6 triliun yang statusnya dalam pembahasan.

"Status Rp 3,6 triliun itu sedang dalam tahap difinalkan terutama dari sisi Lokasi," katanya. DIPA yang masih dibahas ini terutama untuk proyek yang sifatnya konstruksi dan mayoritas jalan raya serta pelaksanaanya di daerah. Sehingga, kata Menkeu, Menteri PU perlu untuk melakukan koordinasi dengan pimpinan daerah setempat seperti walikota, Bupati dan Gubernur.

Diperkirakan untuk dana Rp 3,6 triliun ini masih ada proses beberapa saat dan mungin ada pembahasan dengan dewan lagi.

Menteri Keuangan dalam hal ini sudah mengirim surat ke panitia anggaran dengan harapan proses persetujuan pencairan anggaran senilai Rp 3 triliun bisa terlebih dahulu dicairkan.

Selain itu untuk pelaksanaan stimulus ini Menkeu mengatakan Departemen Kesehatan, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementrian Koperasi dan UKM, dan Kementrian Perumahan Rakyat sudah bisa berjalan dalam minggu-minggu ini.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep usai acara pembekalan para anggota legislatif terpilih di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Partai Solidaritas Indonesia (PSI), membuka pendaftaran untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2024. Pendaftaran dibuka 26 April 2024, sampai 1 Agustus 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024