Money Politik Warnai Pemilu di Jawa Barat

VIVAnews - Sejumlah pelanggaran mewarnai hajatan pemilu legislatif di Jawa Barat. Salah satunya money politik atau politik uang. 

"Modus yang mereka lakukan di antaranya dengan membagikan beras dan uang," kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu Jawa Barat Mahi M Hikmat, Kamis 16 April 2009.

Rata-rata pelakunya adalah calon anggota legislatif. Serangan fajar itu dilakukan pada malam dan subuh menjelang pelaksanaan pemilu legislatif 9 April.

Ada delapan kasus politik uang yang kini ditangani Panwaslu Jawa Barat. Pelanggaran pidana itu terjadi di sejumlah kabupaten seperti Cirebon, Karawang, Banjar, Bekasi, Bandung dan Bandung Barat. "Namun itu baru sebagian, kami masih memprosesnya," ujarnya.

Dari sejumlah kasus yang ditangani Panwaslu Jawa Barat, ada delapan kasus yang telah mendapat vonis pengadilan. Selain pidana, juga pelanggaran administrasi. "Untuk kasus politik uang sebagian telah dilimpahkan ke kepolisian," ujarnya.

Gerindra Sebut Petinggi Nasdem Bawa Kabar Gembira buat Prabowo

Laporan: Sigit Zulmunir|Bandung

Nathan Tjoe-A-On

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan berita baik perihal Nathan Tjoe-a-On yang akhirnya diizinkan klubnya Heerenveen untuk kembali memperkuat timnas di Piala AFC U-23

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024