Warga Asing Gagal Bunuh Presiden Bolivia

VIVAnews - Presiden Bolivia, Evo Morales, mengatakan polisi telah berhasil menggagalkan rencana sejumlah warga asing untuk membunuhnya. Morales menuding lawan politiknya berada di balik upaya pembunuhan ini.

Kepolisian Bolivia mengatakan telah menembak mati tiga orang dan menahan dua orang lainnya di sebuah hotel di kota Santa Cruz. Morales mengatakan polisi membutuhkan waktu 30 menit untuk menangkap orang-orang itu.

"Mereka berencana mencabut nyawa saya dan wakil presiden Alvaro Garcia. Orang-orang yang ditembak dan ditahan itu berasal dari Irlandia dan Hungaria," kata Morales seperti dikutip di laman harian Daily Telegraph edisi Jumat, 17 April 2009.

Kepolisian Bolivia di La Paz mengatakan beberapa warga Bolivia terlibat dalam rencana pembunuhan ini. Mereka juga menyatakan gubernur Santa Cruz Ruben Costas juga menjadi target pembunuhan ini. "Kami sekarang harus mencari siapa yang mendanai kelompok teroris ini," kata wakil presiden Alvaro Garcia.

Morales menuding lawan politiknya terlibat rencana ini sebagai protes pemberlakuan hukum baru yang mengizinkan Morales kembali mencalonkan diri dalam pemilihan presiden, Desember mendatang.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai (foto ilustrasi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 hingga 21 A

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024