Panwas Sumbar Tolak Pemilu Ulang di 123 TPS

VIVAnews - Panitia Pengawas Pemilu  Sumatera Barat tidak bersedia mengabulkan permintaan 11 partai politik untuk melakukan pemilihan ulang di 123 Tempat Pemungutan Suara di Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Permintaan parpol dianggap tidak cukup bukti.

"Pemilu ulang tidak mungkin dilakukan. Penghitungan suara ulang yang sangat mungkin dilakukan saat ini," ujar anggota Panwaslu Sumbar Aldri Frinaldi, Sabtu 18 April 2009. Menurut Aldri, bukti-bukti yang diajukan 11 parpol yang menuntut Pemilu ulang di kecamatan tersebut tidak cukup kuat.

Dijelaskannya, Panwas telah melakulan pengecekan ke Panitia Pemilu Kecamatan Batang Anai dan Panwascam setempat, dan pihaknya tidak menemukan adanya bukti-bukti pelanggaran seperti yang dilaporkan 11 parpol peserta Pemilu ke Panwas Sumbar.

"Bukti C1 yang ditunjukkan antara PPK dan Panwascam tidak berbeda bagaimana mungkin penghitungan ulang dilakukan," ujar Aldri. Selain itu, bukti foto kotak suara tanpa segel yang dijadikan alat bukti 11 parpol yang mendatangi Panwaslu Sumbar tersebut tidak sesuai dengan kenyataan lapangan.

Ia mengatakan, kotak suara tanpa segel tersebut tidak berisi hasil penghitungan suara di sejumlah TPS di kecamatan tersebut. Sejauh ini, 11 parpol di Kabupaten Padang Pariaman meminta Pemilu ulang di 123 TPS di Kecamatan Batang Anai.

Panwas beranggapan, pihaknya tidak bisa memenuhi Pemilu ulang tersebut karena dalam laporan kecurangan yang diterima Panwaslu Sumbar hanya terjadi di 6 TPS. "Kok tiba-tiba mereka minta Pemilu ulang pada 123 TPS," ungkapnya.

Tidak diteruskannya laporan 11 parpol di Padang Pariaman tersebut dengan sendirinya menggugurkan dugaan pelanggaran pidana Pemilu di Kecamatan Batang Anai. “Tidak cukup bukti untuk menindak lanjutinya,” kata Aldri.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Puluhan Ribu Pengendara Motor Kena Tilang Gara-gara Benda Ini
Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan)

Kondisi Tidak Ideal, Marc Klok Siap Tempur Lawan Timnas Vietnam

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengaku senang bisa kembali bergabung dengan Timnas Indonesia untuk menghadapi Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024