Tips Hindari Pembiusan Dalam Kendaraan Umum

VIVAnews - Modus kejahatan memang tidak pernah ada habisnya. Pembiusan adalah salah satu contoh modus kejahatan yang sedang berkembang.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Kendaraan umum menjadi salah satu tempat yang leluasa bagi pelaku pembiusan melancarkan aksinya. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan bila hendak bepergian dengan menggunakan kendaraan umum:

1.Hindari memakai perhiasan yang mencolok mata dan jangan membawa barang berharga berlebihan.

2.Hindari juga memakai pakaian yang terlalu ketat, terlalu pendek atau terlalu terbuka, yang dapat menimbulkan nafsu bagi lawan jenis yang melihatnya.

3.Perhatikan sekeliling Anda saat masuk dan naik ke dalam kendaraan umum. Amati apakah ada yang mencurigakan dari sikap, tingkah laku penumpang lain.

4.Duduklah dengan tenang. Sapa dengan santun orang di sebelah Anda sambil tetap waspada.

5.Jauhi orang yang duduk di sebelah Anda, bila terlihat melakukan suatu gerakan yang aneh dan mencurigakan. Misalnya mengeluarkan tisu dan tisu itu mengeluarkan aroma yang tidak lazim. Mengingat obat bius bisa membuat Anda pusing bahkan pingsan.

6.Hindari menaiki kendaraan umum yang berpenumpang sedikit atau sepi penumpang. Dan, sebisa mungkin hindari bepergian di malam hari.

7.Jangan lupa sebelum anda bepergian berdoa agar diberikan keselamatan dalam perjalanan.

8.Selalu mawas diri dan hati-hati.

Sebelumnya, diberitakan modus kejahatan "tisu basah" mulai marak terjadi di atas Bus Patas 45 jurusan Cililitan-Blok M.

Biasanya para pelaku mulai beraksi pada malam hari, saat penumpang bus mulai sepi. Aroma tisu basah yang keluar itu adalah akibat campuran dari aseton dan alkohol 85 persen. Baunya sangat berbeda dengan bau tisu basah pada umumnya. Maka waspadalah!

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Selain Indonesia, tahun 2024 akan ada 64 negara yang juga menyelenggarakan pemilu. Sebagian besar Pemilu 2024 akan terjadi di Benua Eropa, dimana akan ada 19 negara yang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024