Kisruh Daftar Pemilih Tetap

Forum Antar Parpol Akan Datangi Depdagri

VIVAnews - Forum Antar Partai Politik yang terdiri dari 20 partai akan mendatangi kantor Departemen Dalam Negeri pada Selasa 21 April 2009. Mereka ingin mempertanyakan masalah kekacauan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Untuk menuntut Mendagri agar membuka DP4 (Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu)," kata Koordinator Advokasi Forum Antar Partai Politik, Mahendradatta kepada wartawan, Minggu 19 April 2009.
Ke-20 partai politik yang tergabung dalam forum itu adalah Gerindra, Hanura, PKNU, PPRN, Merdeka, PBR, Partai Buruh, PPPI, Barisan Nasional, PDK, PSI, Republika Nusantara, PNBK, PPDI, PMB, Kedaulatan, Partai Karya Perjuangan, PKDI, Partai Indonesia Sejahtera, dan PNIM.

Menurut Mahendradatta, permasalahan DPT berakar dari DP4.  "Data DP4 itu tidak bisa ngawur dan harus akurat karena dilindungi undang-undang," jelasnya. Kemudian, data DP4 dituangkan Komisi Pemilihan Umum ke dalam DPT.

Forum, kata dia, akan mencek ulang data-data yang diberikan Departemen Dalam Negeri kepada Komisi Pemilihan Umum. Jika, data yang diberikan Departemen Dalam Negeri akurat, maka kesalahan ada pada Komisi Pemilihan Umum.

"Kalau penggelembungan di DP4 maka kesalahan sudah dilakukan sejak di Depdagri karena KPU tidak punya wewenang utnuk merubah data kependudukan," kata dia.

Ia juga menambahkan jika ada pihak yang sengaja mengubah data DP4 dan DPT, maka itu sudah masuk dalam lingkup pidana pemilu.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Jangan Ragukan Nasionalisme Pemain Naturalisasi Indonesia

Pemain naturalisasi Indonesia disebut oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah menunjukkan sikap yang luar biasa ketika mengenakan jersey Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024