GP China

Vettel Juara di Bawah Siraman Hujan

VIVAnews - GP China yang digelar di Sirkuit Shanghai, Minggu, 19 April 2009, diwarnai hujan yang mengguyur lebat

di awal lomba. Flying start pun terpaksa dilakukan. Safety car memimpin semua pembalap hingga sembilan putaran.

Tak lama setelah safety car masuk, Lewis Hamilton berhasil menyalip Kimi Raikkonen. Hamilton memanfaatkan KERS guna menyalip pembalap Ferrari itu dan merebut posisi keenam.

Pembalap Toro Rosso Sebastian Buemi memperlihatkan bakatnya membalap di saat basah. Di lap 13, ia sukses melewati Jarno Trulli dan naik ke posisi kelima. Lomba masih dipimpin oleh Sebastian Vettel (Red Bull) diikuti Mark Webber (Red Bull) dan Jenson Button (Brawn GP).

Pada lap 14 Vettel masuk pit dan membiarkan Webber memimpin lomba. Vettel kembali masuk lintasan dan menempati

posisi ketiga. Perlu enam lap baginya untuk kembali memimpin setelah Button dan Barrichello melakukan pit stop mereka. Posisi hingga lap 20 adalah Vettel, Button, Massa, Webber, Raikkonen dan Hamilton.

Sayang bagi Massa, di lap 21 ia harus keluar dari balapan. Pembalap Brasil itu kembali gagal menambah poinnya.

Hamilton masuk pit di lap 34. Ia kembali bergabung dan ada di posisi kedelapan. Enam besar saat ini adalah Vettel, Webber, Button, Kovalainen, Barrichello, Alonso. Satu-satunya pembalap Ferrari yang tersisa ada di urutan ke-14.

Pada lap 36 Alonso masuk pit. Ia turun ke posisi ke-9. Dua Red Bull masih memimpin dengan nyaman di depan. Satu lap kemudian giliran Vettel yang masuk pit dan kembali turun ke posisi ketiga di belakang Button.

Lap 40 Webber yang ada paling depan masuk pit. Pertarungan Button kontra Vettel untuk posisi pertama pun terjadi. Namun Button masih harus masuk pit satu kali lagi. Namun Vettel membuktikan kualitasnya dengan berhasil menyalip Button tanpa harus menunggu lawannya masuk pit. Lima lap berikut posisi enam terdepan adalah Vettel, Webber, Button, Buemi, Barrichello, Hamilton.

Petaka datang ke Adrian Sutil (Force India) di lap 51. Di bawah tekanan Hamilton, Sutil kehilangan kendali dan menghantam tembok pengaman. Bagian depan mobilnya hancur dan bendera kuning dikibarkan. Vettel berhasil mempertahankan keunggulannya hinga lap terakhir. Ia pun menghadirkan kemenangan perdan buat Red Bull.

Sukses Vettel samkin lengkap dengan masuknya Webber di posisi kedua. Sebuah hasil sempurna buat Red Bull. Dua Brawn GP harus puas ada di posisi ketiga dan keempat. Jenson Button yang di dua GP pertama berhasil merebut juara  setidaknya bisa terus merasakan podium finish dengan menempati posisi ketiga.

Hasil balapan
1 S Vettel    Red Bull
2 M Webber    Red Bull
3 J Button    Brawn
4 R Barrichello    Brawn
5 H Kovalainen    McLaren
6 L Hamilton    McLaren
7 T Glock    Toyota
8 S Buemi    Toro Rosso
9 F Alonso    Renault
10 K Raikkonen    Ferrari
11 S Bourdais    Toro Rosso
12 N Heidfeld    BMW Sauber
13 R Kubica    BMW Sauber
14 G Fisichella    Force India
15 N Rosberg    Williams
16 N Piquet Jr    Renault
17 A Sutil (ret.)    Force India
18 K Nakajima (ret.)    Williams
19 F Massa (ret.)    Ferrari
20 J Trulli (ret.)    Toyota

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024
Gedung BNI.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BBNI akan menerbitkan surat utang senior dalam denominasi dolar Amerika Serikat atau global bond.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024