Kandidat Deputi Senior BI

Darmin Nasution Diunggulkan Gantikan Miranda

VIVAnews - Anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengunggulkan Darmin Nasution sebagai kandidat Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia menggantikan Miranda Swaray Goeltom.

"Darmin pasti menang. Dia lebih dikenal dan ngetop dibandingkan dengan Gunarni Soeworo," ujar Andi Rahmat, anggota DPR dari PKS kepada VIVAnews di gedung DPR, Jakarta, Senin, 20 April 2009.

Darmin yang saat ini menjabat Dirjen Pajak sudah cukup dikenal luas. Dia juga dikenal berhasil melakukan perombakan atau reformasi di institusi pajak. Sebelum menjadi Dirjen Pajak, Darmin juga menjabat Dirjen Lembaga Keuangan yang mengawasi perusahaan jasa keuangan, seperti asuransi dan dana pensiun.

Sedangkan Gunarni, menurut dia, belum banyak diketahui publik. Mantan Ketua Himpunan Bank-Bank Umum Nasional Swasta (Perbanas) tersebut hanya dikenal pernah berkecimpung di perbankan.

"Jadi, kalau untuk jabatan Deputi Gubernur Senior, Gunarni masih belum pantas," ujar Andi. Kecuali jika untuk jabatan Deputi, menurut dia, Gunarni masih memiliki peluang.

Rencananya, kata Andi, Komisi Keuangan DPR akan membahas atau melakukan fit and proper test terhadap kedua calon orang nomor dua di BI tersebut pada awal Mei. Sesuai dengan UU Bank Indonesia, DPR sudah harus menetapkan pejabat baru dua bulan sebelum pejabat lama berakhir.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengajukan dua nama untuk jabatan Deputi Gubernur Senior BI pada bulan lalu kepada DPR. Pengajuan ini dilakukan lantaran jabatan Miranda Goeltom akan berakhir pada akhir Juni mendatang.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024