Ferguson Dipermalukan Mantan Anak Asuhnya

VIVAnews - Ambisi Quintuple atau sapu bersih gelar Manchester United terganjal oleh Everton. Menariknya, kekalahan MU di semifinal FA itu juga tak lepas dari peran duo eks Setan Merah.

Di skuad The Toffees memang ada dua pemain yang paham betul dengan sosok Sir Alex Ferguson. Dialah bek Philip Neville dan kiper Tim Howard. Keduanya pernah menjadi skuad Fergie di Old Trafford.

Ditambah striker Louis Saha, Everton sebenarnya malah punya trio eks MU. Sayangnya, Saha diganti di babak kedua sehingga absen di perpanjangan waktu dan adu penalti.

Justru dua pemain itu menghadirkan mimpi buruk bagi Fergie. Aksi Howard memblok penalti Dimitar Berbatov dan Rio Ferdinand, serta ketenangan Phil mengeksekusi penalti membuat Eveton akhirnya unggul 4-2 dalam drama adu penalti.

Kontribusi besar dua mantan Setan Merah ini juga diakui Manajer Everton, David Moyes. Pria asal Skotlandia ini tanpa sungkan memberikan pujian buat dua pemainnya ini.

"Mereka telah bekerja keras buat klubnya. Howard dan Neville sangat jantan," ujar Moyes seperti dilansir Tribalfootball, Senin 20 April 2009.

Phil memang murni hasil didikan sekolah junior Setan Merah. Bersama kakaknya, Gary Neville, Philip memulai debut di tim senior MU pada 1994 silam.

Namun, nasib Phil tidak sebagus Gary. Meski sempat dipasang bersama sebagai bek sayap di lini belakang, namun penampilan Gary rupanya lebih membuat Fergie terkesan.

Terlebih di sisi kiri pertahanan Setan Merah saat itu juga lebih banyak dihuni pemain-pemain hebat. Pelan namun pasti Phil mulai dilupakan. Hal itu yang membuat bek 32 tahun ini memutuskan pergi dari Manchester United.

Sedangkan Howard, sebelum dimiliki The Toffees memang sempat dipinjamkan satu musim dari 2006-2007. Total kiper asal Amerika Serikat ini telah membela Everton dalam 125 pertandingan Liga Inggris.

Negara-negara Barat Tolak Kemenangan Putin Dalam Pemilu 2024 di Rusia
Ilustrasi sidang Paripurna DPR.

Investasi Dunia Menunggu, Anggota DPR Sarankan Pemerintah Segera Proklamasi Ibu Kota Pindah

Anggota Komisi II DPR RI mengusulkan agar pemerintah segera memproklamasikan pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024