Divestasi Saham Newmont

Pemerintah Belum Capai Kesepakatan Harga Baru

VIVAnews - Pemerintah belum bisa pastikan mencapai kesepakatan harga baru saham divestasi Newmont Nusa Tenggara (NNT). Padahal sesuai putusan abitrase NNT diberi tenggat 180 hari untuk mendivestasikan saham nya kepada Pemerintah.

"Kita belum tahu kapan selesainya negosiasi dan dicapai kesepakatan. Bisa lama atau sebentar," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral, Batu Bara dan Panas Bumi Bambang Setiawan di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta Senin malam, 20 April 2009.

Namun, kata dia, pihaknya optimistis negosiasi akan cepat selesai dan harga baru bisa disepakati.

Menurut Bambang, NNT sudah menyerahkan dokumen-dokumen yang akan dipresentasikan kepada Pemerintah. "Kita dengar dulu penjelasan mereka, kan kalau mau nawar kita harus punya dasar," tuturnya.

Bambang menuturkan, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) sebagai departemen teknis hanya menentukan harga yang wajar, setelah itu  menawarkan ke pemerintah. Tapi, jika pada akhirnya Menteri Keuangan tidak mau membeli bukan urusan DESDM.

"Tugas kita hanya menentukan harga wajar agar pemerintah jika mau beli harganya tidak kemahalan," tuturnya.

Bambang juga berharap NNT menepati janjinya pada saatnya saham-saham tersebut harus bebas dari gadai. "Mereka sudah janji, kita harus bersikap tegas juga lah," kata Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan PT Antam Tbk Djaja Tambuna menuturkan kendati sudah ada sinyal bahwa perusahaan BUMN diminta mengambil saham NNT pihaknya belum melakukan kajian apapun. "Kami belum melakukan kajian," kata dia.

Menurut dia, saat ini pihaknya belum bisa berkomentar banyak sebab masih belum ada kepastian. Namun, harus ada kecocokan harga jika Antam diminta mengambil NNT. "Pasar sedang begini," tuturnya.

Djaja juga menuturkan, hingga kini belum ada instruksi apapun dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait dengan Newmont.

BNPB Turun Langsung Tangani 9 Wilayah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana
Ilustrasi awet muda.

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda

Baru-baru ini, peneliti AS mengungkap cara sederhana untuk tetap awet muda.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024