Metamorfosis Gaya Kebaya Encim

VIVAnews - Kebaya telah menjadi busana identitas wanita Indonesia. Busana tradisional Jawa ini telah mengalami akulturasi berbagai busana mulai China, Arab, bahkan Eropa.

Mayat Wanita 'Open BO' Ditemukan di Pulau Pari, Polisi Teliti Penyebabnya Lewat Cara Ini

Modelnya pun kian berkembang seiring zaman. Dahulu, kebaya yang sangat populer sebagai busana sehari-hari adalah kebaya encim. Kebaya encim awal mulanya dikenakan oleh wanita peranakan China. Sehingga sering juga disebut kebaya nonya.

Banyak juga yang menyebut kebaya encim ini sebagai kebaya Kartini. Memang, RA Kartini pun sering terlihat mengenakan kebaya encim seperti ini. Tapi sebutan kebaya Kartini sebetulnya merujuk pada bentuk kerah berupa lipatan yang memanjang hingga ke bagian bawah kebaya. Sebutan kebaya Kartini bisa dipakai untuk kebaya berbahan apapun, mulai kebaya encim berbahan katun, ataupun kebaya kuno berbahan beludru (velvet).

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Warna yang umum dipakai untuk kebaya encim adalah putih dengan aksen bordir atau sulaman di bagian kerah, lengan, dan tepi bawahnya. Motif bordir dan sulamannya bisa bermacam-macam, kebanyakan berupa flora dan fauna. Saat ini, warna kebaya encim sangat beragam. Baik gradasi warna pastel, hingga warna cerah.

Dulunya kebaya encim dikenakan bersama kain bawahan bermotif batik. Tapi kini kebaya encim sudah meninggalkan pola pemakaian yang terlalu kaku. Terlepas dari pakem, kebaya encim bisa dikenakan dengan berbagai busana bersiluet modern.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Kebaya encim berbahan kain katun yang ringan juga memiliki kesan berbeda dengan kebaya lace atau brokat yang berkesan berat dan formal. Kebaya encim lebih kasual, sehingga cocok untuk dikenakan dalam aktivitas yang tak terlalu resmi. Misalnya untuk jalan-jalan.
Bagaimana memadupadankan kebaya encim agar tampil lebih gaya? Ikuti triknya

Jeans
Tak perlu merasa tabu memadukan kebaya encim dengan skinny jeans kesayangan Anda. Untuk acara santai, paduan kebaya dan jeans bisa jadi pilihan Anda. Tapi pastikan jeans yang Anda pakai sesuai. Jangan memaksakan diri memakai ripped jeans atau robek-robek yang sedang in. Anda justru akan terlihat amburadul.

Rok
Gaya kebaya encim dan bawahan rok membuat penampilan lebih feminine. Jika ingin kesan tradisional tetap kuat, kenakan rok bermotif batik. Tapi pilih model rok yang modern agar tampilan tetap tampil gaya.

Obi atau belt
Mengenakan kebaya dengan padanan obi ala Jepang sempat menjadi tren hangat beberapa tahun lalu. Untuk saat ini pun pemakaian obi belum ketinggalan zaman. Jika ingin lebih trendi, kenakan ikat pinggang lebar atau belt berbagai model. Bisa yang berbahan kain, kulit atau suede, dan sebagainya.

Jika kebaya encim Anda polos, belt dengan aksen misalnya pita atau gesper akan membuat penampilan lebih atraktif. Tapi jika kebaya encim sudah cukup ramai dengan bordir dan sulaman, sebaiknya pilih belt yang simpel saja.

Kalung
Permanis tampilan Anda berkebaya encim dengan kalung-kalung modern. Kalung berbahan batu-batuan yang panjang bisa membuat gaya berkebaya lebih modern.

Sandal dan sepatu
Saat tampil dengan kebaya encim, sepatu atau sandal gaya femininlah yang lebih pas. Bisa flat shoes, sandal datar yang nyaman, kitten heels shoes, ataupun high heels.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya