Indeks Wall Street Dongkrak Harga Minyak

VIVAnews - Harga minyak mentah naik saat kontrak untuk bulan Mei berakhir pada Selasa, 21 April 2009. Kenaikan harga bersamaan dengan bangkit indeks saham di bursa Wall Street, New York, Selasa sore 21 April 2009 waktu setempat (Rabu pagi WIB).

Harga minyak mentah naik 63 sen menjadi US$ 46,51 per barel. Begitu pula dengan harga untuk pengiriman Juni, yang aktif ketika kontrak Mei berakhir kemarin, naik 19 sen menjadi US$ 48,70 per barel.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi CNN, perdagangan mengalami volatilitas di hari-hari terakhir menjelang berakhirnya kontrak bulanan.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Sementara itu, harga saham menguat di sesi perdagangan sore kemarin karena para investor melihat laporan penerimaan korporat dan mencoba menghidupkan kembali penguatan pasar yang telah terjadi dalam enam pekan terakhir.

Banyak pialang minyak melihat bursa saham sebagai acuan bagi keseluruhan ekonomi, san sebagai hasilnya, harga minyak kerap naik dan turun bersama dengan indeks-indeks utama. Harga minyak anjlok hampir sembilan persen pada sesi-sesi sebelumnya saat indeks saham industri Dow Jones merosot dalam tujuh pekan karena kekhawatiran terhadap sektor perbankan.

Kemarin, minyak juga merespon melemahnya nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS). Kontrak dihargai dengan dolar AS, dan dolar yang lemah membuat minyak mentah tampak sebagai investasi yang lebih menarik, terutama bagi investor luar AS.

Kenaikan pada Selasa kemarin terjadi di tengah lemahnya permintaan terhadap produk minyak bumi dan meningkatnya tingkat persediaan minyak. Harga minyak telah anjlok lebih dari US$ 100 per barel sejak harga tinggi pada pertengahan tahun lalu.

"Permintaan sangat lemah, dan stok minyak AS tinggi," kata Tom Pawlicki, analis energi di MF Global, Chicago. "Dalam satu hingga dua pekan mendatang, kami yakin bahwa harga minyak akan kembali turun," lanjutnya.

Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024