Ulang Tahun ILO Gelar Pameran Foto

VIVAnews - Memperingati ulang tahun ke-90 Organisasi Buruh Internasional (ILO), bakal digelar pameran foto bertema "Potret Dunia Kerja di Indonesia" dan diskusi "Bincang Tripartit Plus tentang Peranan ILO di Indonesia". 

Kedua acara itu diselenggarakan pada hari ini, 22 April 2009, di kantor Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno dalam keterangan persnya berharap, kepesertaan Indonesia sebagai anggota ILO selama 49 tahun dapat terus berlanjut dan dapat ditingkatkan pada masa mendatang.

"Sampai saat ini, Indonesia telah menunjukkan komitmen yang besar sebagai anggota ILO yang tercermin dengan diratifikasinya 18 konvensi ILO," kata Erman. 

Dari 18 konvensi ILO tersebut, dia menjelaskan, delapan di antaranya terkait dengan kebebasan berserikat dan perlindungan hak berorganisasi, pekerja anak, diskriminasi di tempat kerja dan kerja paksa.

Erman juga mendukung penuh diadopsinya deklarasi mengenai Keadilan Sosial untuk Suatu Globalisasi yang Adil pada sidang ILO ke-97, tahun lalu.

"Deklarasi ini memberikan fondasi baru yang diharapkan ILO secara efektif membantu usaha mitra kerjanya untuk mencapai empat tujuan strategi ILO dalam agenda kerja layak (decent work)," ujarnya. Keempat agenda itu di antaranya, kesempatan kerja, prinsip-prinsip dan hak-hak di tempat kerja, perlindungan sosial, serta dialog sosial dan tripartit.

Dalam diskusi "Bincang Tripartit Plus" di hari yang sama, Direktur ILO di Indonesia Alan Boulton akan berbincang dengan tiga unsur tripartit, yakni Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Sofjan Wanandi, dan Presiden Kongres Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Thamrin Mosii.

Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini
Bank Mandiri memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa, di seluruh Indonesia sebagai bentuk empati.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024