BLI Masih Izinkan Tim LSI Tambah Pemain

VIVAnews - Keputusan cukup mengejutkan dikeluarkan Badan Liga Indonesia (BLI). Mayoritas klub Liga Super Indonesia (LSI) diizinkan untuk menambah amunisi baru.

Padahal, pengesahan pemain sudah ditutup Sabtu, 28 Februari 2009 lalu. Wild card pemain tersebut diberikan kepada 11 klub donatur timnas U-23. BLI mengaku kebijakan itu didasarkan hasil pertemuan dengan klub di Surabaya, Sabtu 14 Maret 2009.

Saat itu Ketua Umum (Ketum) PSSI, Nurdin Halid, mengizinkan klub mencari pemain pengganti bagi amunisi yang dipanggil Tim Merah Putih muda.

Kebijakan itu pun dimanfaatkan Deltras Sidoarjo dengan mengajukan Kornelius Kaimu sebagai pengganti sementara Dede Hugo Kunarko. Namun, rencana itu mendatangkan polemik karena waktu pengesahan pemain sudah lama ditutup.

Direktur Kompetisi BLI, Joko Driyono, menyebut komposisi 36 pemain yang dipanggil timnas menjadi tolok ukur jumlah pemain pengganti.

“Kebijakan itu didasarkan pada pertemuan klub dengan BLI dahulu. Waktu itu, mereka berbicara langsung dengan Ketum dan ternyata diberi izin. Ya, sekarang klub donatur itu diizinkan untuk menambah pemain. Jumlahnya seperti awal TC (training camp) mereka,” ujarnya.

Aturan BLI menyebutkan, hanya jadwal pertandingan yang diubah dengan catatan pemain yang menjalani TC lebih dari tiga orang. Joko menambahkan, keputusan tersebut guna menekan gesekan masalah.

“Aturan baku harusnya seperti itu. Tapi, bagaimana lagi. Kami tidak ingin situasi itu menjadi polemik yang berkepanjangan. Keputusan itu tidak akan mendatangkan masalah baru. Tidak mudah bagi klub lain mencari pemain bagus pada kondisi seperti sekarang,” terangnya.

Pelita Jaya Tidak Tertarik

Mendapat garansi tambahan lima pemain baru ternyata tidak menarik minat Pelita Jaya Jawa Barat. The Young Guns mengaku tidak terlalu risau bila lima pemainnya sewaktu-waktu dipanggil timnas U-23.

“Kami tidak akan memanfaatkan situasi itu. Pelita Jaya tidak akan menambah pemain. Komposisi timnas U-23 setiap saat berubah. Belum tentu mereka masuk lagi, meski peluang Egi Melgiansyah dan Jajang Mulyana sangat besar,” tegas Manajer Pelita Jaya, Rahim Soekasah.

Rahim yang juga Ketua BTN menjelaskan, hanya 20 pemain yang akan diberangkatkan ke Turnamen Intercontinental Malaysia, 1-14 Juni 2009. Merah Putih muda akan bertolak ke Kuala Lumpur pada Kamis, 30 Maret 2009.

“Seharusnya timnas jangan dipakai sebagai alasan. Belum tentu komposisinya sama seperti kemarin. Proses scouting sedang berlangsung. Mereka yang berangkat tergantung itu,” tandasnya.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024