Pengadilan AS atas Kasus Perompakan Kapal

Perompak Mengaku Sudah Dewasa


VIVAnews - Satu-satunya perompak Somalia yang selamat dalam aksi penyelamatan kapten kapal Maersk Alabama Richard Phillips, Abdiwali Abdiqadir Muse, akan didakwa sebagai orang dewasa karena terbukti berusia 18 tahun. Muse juga diketahui merupakan pimpinan perompak yang berusaha membajak Alabama.

Jaksa Andrew J. Peck mengatakan ayah Muse memastikan usia putranya itu melalui sambungan telepon dari Somalia. "Muse juga gagal membuktikan bahwa ia berusia 15 tahun sehingga tidak dapat diadili sebagai anak-anak," ujar Peck dalam sidang Pengadilan Federal di New York, Selasa 21 April 2009 waktu setempat.

Sebelumnya Muse telah memberi berbagai pernyataan mengenai usianya. Asisten Jaksa Brendan McGuire mengatakan Muse pernah menyatakan ia berusia 16 tahun, lalu 19 tahun, namun berubah menjadi 26 tahun kepada seorang penerjemah saat dirinya ditahan.

"Keesokan harinya Muse mengaku berumur 19 tahun. Dia sempat berbohong kepada agen Penyelidik Federal (FBI) bahwa ia berusia 15 tahun tapi lalu mengaku berusia hampir 19 tahun," kata McGuire.

Selain itu, Muse diketahui merupakan pimpinan perompak berdasarkan pengakuannya kepada agen FBI Steven Sorrells. Melalui pernyataan tertulis, Sorrells menyatakan kapten Alabama, Richard Phillips menembak kapal perompak untuk mengusir mereka, namun tidak berhasil.

"Muse merupakan bajak laut pertama yang naik ke Alabama. Dia berusaha menembak Phillips dan menyatakan diri sebagai pimpinan kawanannya," ujar Sorrells.

Muse dikenai dakwaan berlapis, termasuk pembajakan. Jika terbukti bersalah, ia terancam hukuman penjara seumur hidup. Selain didakwa melakukan pembajakan, Muse juga dituduh berusaha merebut kapal dengan kekerasan, penggunaan senjata api, dan penyanderaan. (AP)

Mengapa Umat Kristen Merayakan Paskah? Simak Sejarah beserta Maknanya
Ilustrasi berdoa.

10 Negara Paling Religius di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Disangka!

Majalah CEOWORLD telah mengumumkan hasil survei mengenai tingkat religiusitas di berbagai negara di dunia. Dari sepuluh negara teratas yang tercatat ini negara religius

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024