Empat Warna dalam Logo 100% Indonesia

VIVAnews - Logo 100% Indonesia dalam kampanye Aku Cinta Indonesia didisain dengan empat warna utama, yakni biru, merah, oranye, dan putih. 

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menjelaskan warna tersebut merupakan representasi warna dari laut dan bumi Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Sedangkan warna merah dan putih berbentuk hati, menurut Mari, merupakan perwakilan dari warna bendera kebangsaan Indonesia.

Pembentukan logo itu berdasarkan pembahasan proses internal pemerintah dengan melibatkan media periklanan. "Yang menciptakan logo adalah perusahaan public relation profesional," kata Mari saat konferensi pers peluncuran logo tersebut di Balai Sidang Jakarta, Rabu, 22 April 2009.

Tahap awal kampanye Aku Cinta Indonesia, menurut Mari, difokuskan pada kesadaran masyarakat. "Dalam dua bulan ke depan pemerintah akan gencar mensosialisasikan ke publik tentang gerakan dengan pesannya dalam bentuk iklan atau gerakan promosi," ujarnya.

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife

Promosi, dia menambahkan, bukan hanya dalam bentuk pameran tapi juga direncanakan akan dimasukkan ke dalam kampanye digital. "Termasuk akan dimasukkan ke Facebook atau 8 juta komunitas Blackberry di Indonesia yang terbesar di dunia, serta blogger di seluruh Indonesia," ujarnya.

Logo dan kampanye ditetapkan berdasar Surat Keputusan Menko Bidang Perekonomian No. 80 tahun 2009 tertanggal 16 Maret 2009. Menteri Perdagangan dalam SK itu, ditunjuk selaku koordinator pelaksana harian dan dalam pelaksanaannya akan menunjuk tim teknis yang akan mensosialisasikan logo ke berbagai pihak.

Penciptaan logo dalam kampanye Aku Cinta Indonesia menurut Sekretaris Departemen Perindustrian Agus Tjahayana merupakan usaha pemerintah membangun merek nasional. "Seperti Malaysia dengan Truly Asia-nya," ujarnya.

Salah satunya dengan membangun ciri khas pada kepesertaan Indonesia dalam pameran internasional. "Untuk booth-booth pameran luar negeri ada ciri tersendiri agar orang bisa langsung ini pameran Indonesia. Jangan sampai pemerintah daerah dan pengusaha pameran sendiri-sendiri," ujarnya.

Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024