Golkar-Demokrat Bercerai

Dua Rapat yang Menentukan

VIVAnews - 'Markas' dua partai besar kini terlihat sangat sibuk. Pertama adalah di kediaman pribadi Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, di Cikeas, Bogor. Dan kedua adalah Kantor Pusat Golkar Slipi II di Jalan Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Pantauan VIVAnews, Susilo Bambang Yudhoyono awalnya dijadwalkan akan menggelar jumpa pers di kediaman pribadi, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 22 April 2009, sekitar pukul 18.00 WIB.

Tetapi, hingga hampir pukul 20.00 WIB, tidak ada gelagat jumpa pers akan dimulai. Jajaran pengurus pusat Partai Demokrat sudah mulai berdatangan sejak petang tadi.

Mereka pun langsung menggelar rapat. Pengurus Demokrat yang terlihat hadir antara lain Ketua Umum, Hadi Utomo, Ketua Dewan Pimpinan Pusat, Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum, dan Ruhut Sitompul. Hadir pula, Ketua Fraksi Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat, Syarif Hassan.

Di tempat lain, Menteng, Jakarta Pusat, petinggi Golkar sudah berkumpul. Ketua Umum, Jusuf Kalla, dijadwalkan memimpin rapat sekaligus makan malam dengan pimpinan Golkar daerah. Mereka sudah berkumpul di rumah yang dikontrak untuk menjadi Kantor Pusat Golkar Slipi II.

Rumah ini tepat bersebelahan dengan kediaman Jusuf Kalla di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Di tempat ini, Kalla dan pengurus Golkar lainnya juga sedang menggelar rapat.

Mereka yang sudah terlihat antara lain Dewan Penasehat, Aburizal Bakrie, Wakil Ketua Umum, Agung Laksono, Paskah Suzetta, Ketua Dewan Pimpinan Pusat, Syamsul Muarif, dan Ketua Golkar Gorontalo, Fadel Muhammad.

Hadir pula fungsionaris Enggartiasto Lukito, Indra J Piliang, Ketua Pelaksana Rapat Pimpinan Khusus Yorries Raweyai, Wakil Sekretaris Jenderal Rully Chairul Azwar.

Dua rapat penting dari dua kutub yang berbeda ini dipicu pernyataan hasil rapat Dewan Pengurus Pusat Partai Golkar. Pagi tadi di Kantor Pusat Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Ketua Harian Badan Pemenangan Pemilu, Burhanuddin Napitupulu, menyatakan lobi Golkar selama seminggu pada Demokrat telah kandas.

Demokrat tak mau menerima tawaran Golkar hanya mengajukan satu nama untuk diduetkan dengan Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pemilihan Presiden. Lobi Golkar ini dilakukan oleh Tim Tiga yang diisi Ketua Dewan Pimpinan Pusat GOlkar, Muladi, Andi Mattalatta, dan Sekretaris Jenderal, Soemarsono. Sementara Demokrat diwakili Tim Sembilan yang diketuai Ketua Umum Partai Demokrat, Hadi Utomo.

Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?

Apakah dua rapat di tempat yang berbeda ini akan mengubah keputusan terakhir Golkar dan Demokrat? Hingga kini rapat di dua kutub besar itu masih berlangsung.

Head of Public Relations Ninja Xpress, Ribka Pratiwi saat Media Visit ke kantor VIVA.co.id

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Perusahaan logistik, Ninja Xpress ternyata punya strategi besar membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024