Al Amien Terima dana dari Perusahaan

VIVAnews - PT Almega Geosystem tetap memberikan dana kepada mantan anggota Dewan, Al Amien Nasution sebesar Rp 1,2 miliar walaupun perusahaan itu tidak memenangkan tender proyek pengadaan alat GPS Geodetik, GPS Handheld dan Total Station pada Departemen Kehutanan.
 
Menurut sales dari PT Almega, Cahyono, perusahaannya memberikan dana karena takut akan ancaman Al Amien. "Walaupun tidak menang, perusahaan saya menyiapkan alat yang dipesan oleh peserta tender lain," kata dia di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, 24 Oktober 2008. Ia mengaku jika pemesanan alat itu dibatalkan, ia khawatir akan kehilangan pekerjaannya.
 
Awalnya Al Amien meminta agar PT Almega Geosystem dimenangkan dalam proyek pengadaan tersebut dengan tujuan bisa mendapatkan keuntungan berupa komisi sebesar 20 persen dari total pembayaran untuk terdakwa dan Sekertaris Badan Planologi Departemen Kehutanan M Ali Arsyad. Jika tidak, Amien mengancam akan mempersulit kelancaran proyek.
 
Amien mengungkapkan hal tersebut dalam pertemuan di Rumah Makan Bebek Bali Senayan. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua Panitia Pengadaan Eko Widjajanto dan perwakilan dari PT Almega Geosystem selaku distributor tunggal produk LEICA. Amin, kata Anang, meminta agar PT Almega Geosystem memberikan uang sejumlah Rp 1,2 milyar dan PT Data Script sebesar Rp 286 juta.
 
Namun, panitia proyek pengadaan proyek ternyata berkeinginan lain dan memutuskan PT Data Script sebagai pemenang lelang. Atas hal ini, Amien kemudian meminta agar PT Data Script memberikan komisi 5,5 persen dari nilai pembayaran dan PT Almega Geosystem memberikan komisi sebesar 20 persen dari nilai pembayaran.

"Jika tidak dipenuhi. Amien mengancam akan meminta Ali Arsyad selaku pejabat pembuat komitmen agar tidak menandatangani kontrak," kata Cahyono.
 
Januari 2008, Amien, menerima uang dari PT Almega Geosystem sebanyak dua kali. Total uang yang disampaikan mencapai Rp 1,2 miliar. "Saya tahu dari atasan saya bahwa uang itu sudah diserahkan," kata dia. Uang tersebut, kata Cahyono, merupakan komitmen 18 persen yang dijanjikan.
 
Atas keterangan saksi, Al Amien menyatakan keberatan. "Saya tidak pernah menerima uang itu," kata Amien.

Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata
Jorvan Veira

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Jorvan Vieira, nama yang mungkin asing bagi pecinta sepak bola di tanah air. Namun, di benua Asia, nama ini begitu harum dan dihormati. Beliau adalah pelatih asal Brasil

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024