Mencari Pendamping Yudhoyono

"Hampir Semua PKS Daerah Usul Hidayat"

VIVAnews - Wakil Ketua bidang Politik Partai Keadilan Sejahtera, Zulkieflimansyah, menyebut hampir semua PKS daerah mengusulkan Hidayat Nur Wahid sebagai calon wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono. Namun aspirasi ini, kata Zul, belum tentu sama dengan keputusan Majelis Syura PKS.

"Hasil komunikasi Dewan Pimpinan Pusat dan daerah, hampir seluruhnya mengajukan Hidayat Nur Wahid untuk mendampingi SBY," kata Zul dalam jumpa pers di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Jumat 24 April 2009. "Meski begitu, PKS tetap mempertimbangkan kandidat nonpartisan," katanya.

Musyawarah Majelis Syura PKS dilakukan 25-26 April 2009 ini di Jakarta. Dalam musyawarah ini, diputuskan soal koalisi dalam Pemilihan Presiden 2009. Zul menilai, Majelis Syura bisa saja tidak mengajukan Hidayat mendampingi SBY untuk menenggang peserta koalisi dengan Demokrat lainnya.

"Seandainya Hidayat Nur Wahid kemudian mengganggu perasaan yang lain, mengapa tidak nonpartisan saja," kata Zulkiefli.

Dan ketika itu diputuskan Majelis Syura yang beranggota 99 orang, semua kader PKS harus menaati. "Semuanya tunduk tanpa kecuali," kata dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu.

Majelis Syura PKS terdiri atas 99 orang anggota yang dipilih secara proporsional jumlah kader di setiap Dewan Pimpinan Wilayah. Minimal satu Dewan Pimpinan Wilayah yang berkedudukan di provinsi memiliki hak satu kursi. DPW Jakarta merupakan yang terbesar, memiliki perwakilan lebih dari 10.

Saat ini, Majelis Syura PKS diketuai Hilmi Aminuddin. Beberapa anggota Majelis Syura yang terkenal adalah Tifatul Sembiring, Anis Matta, dan Hidayat Nur Wahid sendiri.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran
Brigade al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Komandan kelompok bersenjata Palestina Al-Quds, Brigade Tulkarm di Tepi Barat, Abu Shujaa yang diberitakan telah terbunuh oleh pihak Israel pekan lalu, tiba-tiba muncul.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024