AS Terimbas Wabah Flu Babi

VIVAnews - Dua kasus flu babi Meksiko telah dipastikan terjadi di Kansas dan California. Dengan demikian, sebelas kasus flu babi telah terjadi di Amerika Serikat (AS).

Setidaknya delapan pelajar di sebuah sekolah menengah di New York City juga diduga terjangkit virus baru ini. Namun, pemerintah AS belum memastikan kesamaan virus yang menyerang siswa-siswa tersebut dengan virus mutasi flu babi, burung, dan manusia yang telah membunuh puluhan warga Meksiko.

Gubernur New York David Patterson telah memerintahkan Departemen Kesehatan negara bagian New York untuk mempersiapkan tim untuk mengawasi dan mengatasi dampak flu ini.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

"Sekitar 1.500 petugas yang dibekali dengan obat antiviral Tamiflu telah dikirim ke New York City," ujar Patterson di New York City, Sabtu, 25 April 2009.

Virus ini telah menewaskan 81 orang di Meksiko dan menyerang 1.324 orang sejak 13 April. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah meminta agar negara-negara di seluruh dunia untuk terus melaporkan dan mengawasi penyebaran virus gabungan virus flu burung, flu babi, dan manusia ini pada Sabtu kemarin.

Direktur Jenderal WHO Margaret Chan menuturkan, jenis virus baru itu memiliki potensi pandemik. Namun, Chan mengaku masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan. WHO telah menyarankan agar pasien dikarantina dan memberi obatn antivirus seperti Tamiflu kepada orang-orang di sekitar penderita.

Pejabat dinas kesehatan Kansas telah mengonfirmasi serangan flu babi kepada sepasang suami istri di county Dickinsoun. Suami diduga terinfeksi virus flu babi saat ia mengunjungi Meksiko pekan lalu. Pasangan itu belum dirawat di rumah sakit karena gejala penyakit masih ringan.

"Pasangan itu bersedia mengisolasi diri sendiri," ujar Dr. Jason Eberhart-Phillips.

Flu babi merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan babi akibat infeksi virus tipe A. Manusia jarang terkena penyakit ini, namun virus dapat menyerang orang yang hidup dekat binatang babi. Virus ini lalu dapat menyebar dari satu orang ke orang lainnya.

Gejala flu babi meliputi demam lebih dari 37,77 derajat Celsius, sakit badan, radang tenggorokan, sulit bernapas, dan dalam beberapa kasus pasien muntah-muntah dan diare.

Setidaknya enam kasus flu babi telah dilaporkan di California dan Texas. Pasien berusia antara 9 hingga 50 tahun. Semua pasien dapat disembuhkan. (AP)

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan
Lokasi pembunuhunan wanita di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Seorang wanita bernama Maylani Boru Sitompul (45), ditemukan terkapar tak bernyawa di rumah kontrakan kekasihnya, Jalan Karya, Gang Sepakat, Kelurahan Karang Berombak, Ke

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024