Biskuit Malaysia di Singapura Ber-Melamin

VIVAnews - Pemerintah Singapura melalui Agri-Food and Veterinary Authority (AVA), Jumat 24 Oktober 2008, memerintahkan agar semua biskuit merk "Julie" buatan Malaysia segera ditarik dari semua toko dan pasar swalayan. Pasalnya, penelitian AVA menemukan kandungan melamin dalam 17 produk biskuit yang diimpor dari Malaysia. Sebanyak 12 diantaranya di bawah merek "Julie."

Menurut stasiun televisi Channel News Asia, Jumat kemarin, AVA mengungkapkan bahwa secara keseluruhan terdapat 25 tipe biskuit Julie yang dipasarkan di Singapura. Namun demi tidak mau mengambil risiko yang lebih besar, pemerintah menarik semua biskuit Julie dari pasaran - kendati penelitian menyebutkan hanya 12 produk yang mengandung baham kimia melamin. AVA juga meminta konsumen untuk tidak memakan biskuit bermasalah tersebut kendati sudah terlanjur membeli.  

Tiga produk biskuit buatan Cina juga ditemukan mengandung melamin. Mereka yaitu bermerek "Lotte Koala's March Cocoa Chocolate Biscuit", "Hello Kitty Strawberry Cream Filled Biscuit," dan suatu produk tak bermerek yang tak berbahan susu dan tidak tersedia di pasar lokal karena untuk diekspor.  

Tak hanya itu, lima produk biskuit lain yang juga buatan Malaysia pun terkena getahnya. Mereka yaitu "Khong Guan Assorted Biscuits," "Khian Guan Biscuit Osborne," "Leo Gold Finger Choco," " Santa Chocolate Gold Fingers," dan "Swan Chocolate Fingers."

Soalnya, penelitian AVA juga mencakup semua biskuit yang diproduksi di bawah bendera "Khong Guan" dan "Meiji." Kue-kue kering tradisional yang dibuat di Singapura pun turut diteliti. Namun belum ditemukan adanya kandungan melamin pada produk-produk tersebut.

AVA mengungkapkan bahwa "Lotte Koala's March Cocoa Chocolate Biscuit" dan "Hello Kitty Strawberry Cream Filled Biscuit" sudah ditarik dari pasaran sejak 19 September 2008. Semua produk biskuit bermelamin akan dihancurkan di bawah pengawasan AFA. Dengan demikian produk makanan bermelamin yang terpantau pemerintah Singapura sudah mencapai 33 produk.

Selain itu, sejak 24 Oktober 2008, semua produk makanan ringan berjumlah 3200 macam yang diimpor lebih dari 40 negara harus menjalani uji laboratorium sebelum dipasarkan di Singapura.

Melamin sebenarnya bahan untuk membuat plastik. Namun ternyata dijadikan pula sebagai bahan campuran susu untuk meningkatkan kadar protein. Efek sampingnya, orang yang mengonsumsi susu atau makanan berbahan susu rentan menderita batu ginjal. Dalam beberapa bulan terakhir 53.000 anak-anak di Cina jatuh sakit setelah rutin minum susu bermelamin.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024