Cegah Flu Babi ke Indonesia

Pemerintah Stop Impor Babi

VIVAnews - Pemerintah terus melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi masuknya virus flu babi ke Indonesia. Indonesia secara resmi menghentikan impor flu babi dari luar negeri.

"Impor babi dihentikan. Kita sudah menolak yang dari Singapura," kata Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Aburizal Bakrie.

Hal itu dikatakan Aburizal usai memimpin Rapat Kooprdinasi yang membahas flu babi di di Kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 27 April 2009.

Rapat ini dihadiri sejumlah menteri yang terkait dengan bidang kesehatan dan antisipasi masuknya virus jenis baru itu. Mereka yang terlihat hadir antara lain, Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal, dan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah.

Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari usai rapat menambahkan, penghentian impor babi itu hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kendati demikian, pemerintah meminta warga tidak perlu panik menghadapi flu babi.

"Indonesia siap hadapi ancaman virus flu babi. Ini tidak lebih berbahaya dari H5N1 (flu burung). Tidak perlu dikhawatirkan, tamiflunya sama. Rumah sakit rujukannya sama, kami sudah menyiapkan," ujar Siti Fadliah.

Seperti diberitakan, Menteri kesehatan Meksiko Jose Angel Cordova mengatakan jumlah pasien yang diduga terinfeksi virus flu babi meningkat menjadi 1.614 orang. Cordova juga menyatakan setidaknya 103 orang tewas akibat virus A/H1N1 ini.

Gejala flu babi meliputi demam lebih dari 37,77 derajat Celsius, sakit badan, radang tenggorokan, batuk, sulit bernapas, dan dalam beberapa kasus pasien muntah-muntah dan diare. Belum ada vaksin khusus untuk menanggulangi virus flu babi. Virus ini biasanya menyebar melalui kontak langsung dengan babi.

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia
Legenda Sepak Bola Brasil Romario

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Pada usia 58 tahun, legenda sepak bola Brasil Romario telah mencatat riwayat hidup yang mengesankan. Kabarnya, ia comeback bergabung dengan Amerika sebagai pemain.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024