Kejagung Usut Pembobolan BRI Serang

VIVAnews - Kejaksaan AgungĀ  mengusut pembobolan Bank Rakyat Indonesia cabang Serang, Banten. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Marwan Effendy mengatakan kejaksaan baru menetapkan pimpinan di tingkat cabang.

''Diakan pejabatnya,'' kata Marwan di Kejaksaan Agung, Senin 27 April 2009. Marwan menjelaskan pengucuran kredit tersebut adalah sepenuhnya adalah kewenangan dari pimpinan cabang.

Tim Penyidik, kata Marwan, akan menelusuri aliran dana yang ada dalam buku kecil hasil sitaan dari PT Nagari Jaya Santosa (NJS) awal April lalu.

Kejaksaan Agung telah menetapkan empat tersangka dari kasus pembobolan BRI cabang Serang. Kasus ini bermula pada tahun 2006-2007 pihak BRI mengadakan perjanjian kerjasama dengan PT NagariJaya Santosa (NJS) dan PT Javana Artha Buana (JAB). Perjanjian tersebut ditujukan untuk pemberian fasilitas kredit kepemilikan kios kepada Plaza Nagari Minang, Pasar Baru Bantar Gebang, dan rumah tinggal Alea Cilandak Town House.

Perjanjian tersebut menyebutkan bahwa pihak swasta wajib mencari calon nasabah yang akan mendapatkan pembiayaan rumah tinggal. Kedua perusahaan tersebut juga bertindak sebagai penjamin.

Pihak swasta lantas memeroleh 438 nasabah (125 untuk Pasar Baru Bantar Gebang, 198 untuk Plaza Nagari Minang, 15 orang untuk Alea Town House). Lantas dengan dalih mendapat liburan ke Anyer para nasabah diminta menyerahkan fotocopi identitas dan dipaksa menandatangani permohonan kredit ke BRI Syariah Serang. Setiap orang mendapat imbalan antara 50-150 ribu.

Dalam proses tersebut diduga telah terjadi perbuatan melawan hukum yang menyebabkan kerugian negara 169 Milyar.

Presiden PKS: Ikhtiar Sudah Kita Optimalkan meski Hasil Tak Sesuai dengan Harapan
Luna Maya dan Maxime Bouttier.

Gak Minta Kado, Maxime Bouttier Ngarep Quality Time Bareng Luna Maya di Hari Ulang Tahunnya

Bagi Maxime Bouttier, hadiah berupa quality time jauh lebih bermakna karena ia dan Luna Maya sama-sama punya kesibukan yang membuat mereka jadi jarang bertemu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024