Lenovo Kedepankan Keamanan Data

VIVAnews - Notebook Lenovo dilengkapi dengan pengaman data berlapis. Baik dari sisi hardware ataupun dari sisi software. “80 persen problem yang muncul pada notebook adalah permasalahan pada harddisk, atau media penyimpanan data,” kata Matthew Kohut, Global Competitive Analyst Lenovo, pada pertemuan terbatas dengan sejumlah wartawan di kantor pusat Lenovo di Jakarta, beberapa waktu lalu. “Untuk itu Lenovo memandang penting arti perlindungan harddisk dan data bagi pengguna,” ucapnya.

Untuk menyelamatkan data dari sisi software, Lenovo menghadirkan fitur OneKey Rescue System. Dengan satu tombol, pengguna bisa merestorasi sistem dan mengembalikan data penting. Utility ini terdiri dari 3 modul yang dapat diakses sebelum notebook masuk ke sistem operasi. Salah satunya yakni OneKey Recovery yang bertujuan untuk melakukan back up dan recovery sistem dapat digunakan dari sistem operasi dengan batasan fungsi. Dua fitur keamanan data lainnya adalah OneKey Anti-virus yang menjalankan Norton Antivirus sebelum masuk OS dan System Repair yang berguna untuk memperbaiki file sistem penting yang mengalami kerusakan secara otomatis.

Fitur proteksi khusus harddisk, yakni APS atau Active Protection System dapat melindungi harddisk dengan cara menghentikan proses baca atau tulis harddisk sesaat ketika sensor mendeteksi pergerakan notebook secara mendadak. “Head baca-tulis pada harddisk bisa dihentikan dalam waktu 500 milidetik,” kata Kohut. “Tetapi, pengguna juga bisa melakukan kustomisasi terhadap sistem APS ini, misalnya untuk membuat harddisk tetap bekerja ketika pengguna sedang dalam pesawat yang siap-siap tinggal landas,” ucapnya. Kohut juga menyebutkan, setelah notebook dalam kondisi stabil, harddisk dapat segera langsung berfungsi.

Dari sisi hardware, notebook Lenovo, khususnya seri Think series memiliki casing yang dilengkapi berbagai macam perlindungan, khususnya terhadap data yang disimpan.

Pada harddisk, Lenovo melindungi bagian belakang harddisk dengan plat metal pelindung serta HDD protection rack berupa bahan karet yang dipasang di sisi kiri dan kanan harddisk sebelum dimasukkan ke dalam casing notebook. Lenovo juga menginstalasikan firmware khusus pada harddisk agar memiliki daya tahan lebih baik.

Dari sisi casing, Magnesium Roll Cage, plat pelindung di area drive bay dipasang. Kaki-kaki notebook juga dipasangi Shock Absorbing Feet yang berfungsi untuk meredam guncangan. “Ide ini didapat ketika desainer kami sedang memperhatikan bagaima kucing dapat mendarat dengan baik dari ketinggian,” kata Kohut. “Untuk itu kami mendesain dudukan notebook kami serupa dengan telapak kaki kucing yang mampu mereduksi efek benturan ketika terjatuh,” ucapnya.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Polisi berhasil menemukan sejumlah barang bukti dalam dugaan kasus polisi tewas dari Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara Brigadir Ridhal Ali Tomi (RAT).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024