30 Emiten Akan Terima Penghargaan GCG

VIVAnews - Sebanyak 30 perusahaan tercatat (emiten) akan menerima penghargaan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) pada 2009. Penghargaan akan diberikan oleh Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD).

Dalam memberikan penghargaan tersebut, IICD menilai sebanyak 314 emiten yang tercatat di bursa efek. Hasilnya, 30 perusahaan memperoleh penilaian cukup tinggi dan layak mendapat penghargaan.

"Penilaian didasarkan pada informasi yang tersedia di publik seperti laporan keuangan, panggilan, pengumuman, notulen dari rapat umum pemegang saham (RUPS), website BEI, dan emiten, serta informasi publik lain yang relevan," kata Direktur Eksekutif IICD, Tony R Silitonga, dalam keterangan pers di kantor Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), Jalan Wahidin, Jakarta Selasa, 28 April 2009.

Penilaian tersebut dikembangkan menurut prinsip GCG sesuai standar internasional dari Organization of Economic Cooperation and Development (OECD). Instrumen dalam prinsip GCG itu adalah hak pemegang saham, perlakuan yang setara terhadap pemegang saham, peran pemangku kepentingan, pengungkapan dan transparansi, serta tanggung jawab dewan direksi serta komisaris.

"Kelima prinsip dasar tersebut dijabarkan secara komprehensif dalam 117 pertanyaan," ujar Sekretaris Umum merangkap Ketua Tim Riset IICD, James Simanjuntak.

Pengumuman penghargaan akan diberikan pada Jumat 1-2 di Le Meridien, Nirwana Golf & Spa, Tanah Lot, Bali.

IICD telah melakukan riset corporate governance scorecard pertama yang mengikutsertakan perusahaan terbuka pada 2005, 2007, dan 2009. Pendanaan untuk proyek tersebut berasal dari Center for International Private Enterprise (CIPE).

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!
Pemain Persikabo 1973

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Persikabo 1973 menjadi tim pertama yang terdegradasi dari Liga 1 musim 2023/24. Hal tersebut dipastikan usai Laskar Padjadjaran dihajar Persik Kediri 2-5.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024