Sengketa Rekening PT Timor

Pemerintah: Uang Sudah Masuk Kas Negara

VIVAnews - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang gugatan PT Timor Putera Nasional (TPN) terhadap Bank Mandiri dan Menteri Keuangan RI terkait sengketa uang Rp 1,2 triliun di rekening milik TPN.

Agenda sidang hari ini adalah mendengarkan perlawanan dari Kejaksaan Agung selaku Jaksa Pengacara Negara (JPN). Cahyani Nur Ratih selaku JPN menyatakan bahwa dana Rp 1,2 triliun dari rekening TPN telah diserahkan ke kas negara.

"Sehingga tidak bisa lagi diambil. Itu sesuai dengan Undang-UndangĀ  Perbendaharaan Negara tahun 2004," kata dia saat ditemui usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 28 April 2009.

Sebelumnya, Mahkamah Agung memenangkan gugatan PT Timor Putra Nasional dalam sengketa rekening senilai Rp 1,2 triliun dengan Menteri Keuangan. Dalam putusan kasasi Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan perusahaan milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto itu terhadap Bank Mandiri dalam kasus uang Rp 1,2 triliun yang disita pemerintah.

Mahkamah menyatakan PT Timor Putra Nasional adalah pemilik sah giro dan 76 deposito di Bank Mandiri dengan nilai total Rp 1,2 triliun. Putusan tersebut sama dengan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, 21 November 2006.

Namun, sebelum putusan itu muncul, Menteri Keuangan telah memerintahkan Bank Mandiri untuk mencairkan dana tersebut pada 27 Agustus tahun lalu.

Ditambahkan Cahyani, nomor rekening yang dieksekusi pun tidak jelas. "Ketetapan itu jadi kabur," kata dia. Hal ini dibantah pengacara TPN, Rico Pandaroti. Menurutnya, MA telah menyatakan bahwa uang itu milik kliennya. "Kalau uang itu ada di kas negara apa iya lantas milik negara," tegasnya.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024