Preview Barcelona vs Chelsea

5 Kunci Menaklukkan Barca

VIVAnews - Kekuatan Barcelona mengerikan, tapi bukannya tak bisa dikalahkan. Tiga tim La Liga mampu menaklukkanya, dan bisa menjadi penuntun Chelsea.

Klub promosi Numancia, Espanyol dan Atletico Madrid mempermalukan Barcelona musim ini. Dua kekalahan Barca itu juga diderita di kandang Camp Nou.

Numancia kini masih berada di posisi juru kunci klasemen la Liga. Espanyol di papan bawah. Sedangkan Atletico di zona Liga Europa. Itulah mengapa Independent memberikan lima kunci buat Chelsea meredam Barca.

1. Target: Valdes, kiper yang suka membuat kesalahan
Barca hanya kebobolan 26 gol musim ini di La Liga. Tapi, kiper Victor Valdes jauh dari skuad Timnas Spanyol. Pilihan utama Spanyol masih Iker Casillas (Real Madrid), lalu Pepe Reina (Liverpool) dan Andres Palop (Sevilla) serta Diego Lopez (Villarreal).
Ini mengesahkan blunder yang sering dibuat Valdes. Ia mungkin berbadan atletis dan produk asli Barca. Tapi, Valdes seringkali gagal mengantisipasi umpan silang dan tendangan jarak jauh. Padahal, Chelsea punya "raja udara" Branislav Ivanovic dan John Terry. Juga Michael Ballack dan Frank Lampard yang dingin mengeksekusi peluang.

2. Lubang yang ditinggalkan Alves seusai menyerang
Bek sayap kanan Barca, Dani Alves, sangat agresif saat menyerang. Kadang ia terlambat kembali ke pertahanan. Hal inilah yang seringkali dimanfaatkan rival untuk menjebol gawang Barca.
Gol Numancia, Espanyol serta Bayern Munich berawal dari lubang yang ditinggalkan Alves saat menyerang ini. Juga kemampuan Valencia mengimbangi Barca 2-2 di laga terakhir La Liga.

3. Kombinasi bek tengah
Kombinasi bek tengah Barcelona selama ini jadi salah satu kelemahan skuad Guardiola. Mantan bek Manchester United, Gerard Pique belakangan tampil bagus. Tapi, jika ukurannya pengalaman, maka kapten Meksiko Rafael Marquez lebih layak. Ditambah Carles Puyol, trio ini diharapkan akan bisa menghentikan pergerakan Didier Drogba.
Tapi, sejauh ini bek tengah Barca tak suka menghadapi tim yang hanya memiliki satu striker. Pasalnya, sayap-sayap tim lawan justru jadi tak terkawal. Dan ini bisa dimanfaatkan Salomon Kalou dan Florent Malouda di Chelsea.

4. Ambil keuntungan saat sepak pojok
Kiper Victor Valdes kembali jadi titik lemah Barca. Valdes harus berteriak dan marah kepada penjaga garis karena merasa dilanggar  seusai terciptanya gol Valencia di laga La Liga terakhir lewat corner.  Padahal, yang melanggarnya adalah bek Barca, Carles Puyol.
Barcelona tak suka berlatih menguasai bola di udara. Hanya Puyol, Pique dan holding midfielder Yaya Touré yang jago di udara.

5. Tak terlalu fokus kepada Messi
Lionel Messi memang ancaman terberat dari Barca. Tapi, terlalu fokus padanya akan sangat berbahaya. Pasalnya, di belakangnya masih ada Thierry Henry dan Samuel Eto'o.
Yang lebih banyak diperhatikan adalah kinerja dua gelandang: Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Karena mereka seringkali mengirimpan umpan-umpan berbahaya ke trio striker Barca.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Wakil Ketua Umum Golkar mengatakan bahwa tak boleh ada pembatasan dalam membentuk kabinet, karena merupakan hak prerogatif presiden.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024