Wabah Flu Babi

RSPI Suliant Saroso Siapkan 10 Ruang Isolasi

VIVAnews - Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso menyiapkan 10 ruangan ICU Isolasi. Langkah ini dilakukan sebagai langkah antisipasi mewabahnya pasien flu babi di Indonesia.

"Ruangan ini memang dikhususkan untuk penyakit yang ditularkan melalui udara (airborne diseases)," kata Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr. Sardikin Giriputro kepada VIVAnews di ruang kerjanya, di Jakarta, Selasa, 28 April 2009.

Dia menambahkan satu ruangan ICU, hanya dapat ditempati untuk satu pasien. "Ini penanganan standar untuk penyakit menular seperti ini (flu babi)," kata dia,

Satu ruangan dilengkapi dengan satu tempat tidur, ventilator dan mobile X-ray. Selain itu ruangan ini pun dilengkapi sarana penunjang seperti water closet dan lemari perlengkapan kecil.

Penyiapan ruang isolasi ini merupakan respons dari surat edaran yang diterima rumah sakit dari Departemen Kesehatan tertanggal 25 April 2009.

"Isinya kami diminta untuk mewaspadai kemungkinan masuknya flu babi ke Indonesia" ucapnya.

Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso yang terletak di Jalan Sunter Permai Raya Tanjung Priok Jakarta Utara ini memang menjadi rumah sakit rujukan dalam penanganan beberapa penyakit menular.
Beberapa penyakit yang ditangani antara lain, severe acute respiratory syndrome (SARS) dan flu burung.

Blak-blakan, Putri Anne Ngaku Belum Bisa Move On dari Arya Saloka
Ilustrasi STNK di Jakarta.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Pemerintah daerah ini menghadirkan program istimewa yang memungkinkan Anda menghemat pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor alias PKB.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024