Flu Babi

RS Wahidin Sudirohusodo Siapkan Ruang Isolasi

VIVAnews - Rumah Sakit dr Wahidin Sudirohusodo (RSWS) di Makassar disiagakan untuk mengantisipasi penyebaran virus flu babi di Sulawesi Selatan. Pihak RSWS bahkan menyiapkan ruang isolasi khusus pasien yang ditemukan terinfeksi flu babi.

"Ruang isolasi ditempatkan di pusat pelayanan infeksi RSWS, yang sebelumnya untuk flu burung. Jumlahnya untuk sementara baru 10 tempat tidur," terang Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Rakhmat Latif. Rabu, 29 April 2009.

Selain ruangan yang cukup representatif, pihak rumah sakit juga menyiapkan belasan dokter dan paramedis yang terlatih. Dokter dan paramedis tersebut sebelumnya sudah pengalaman dalam menangani pasien yang terindikasi terkena virus flu burung.

Sebagai persyaratan utama, ruang khusus itu hanya diperuntukkan penderita yang diduga tertular flu burung, sekaligus antisipasi kemungkinan penderita flu babi dan flu Singapura. Pihak RSWS akan menerapkan aturan ketat di ruangan isolasi tersebut

"Tidak ada yang boleh membesuk ke ruang itu, kecuali menggunakan alat pelindung diri (APD)," katanya.

Dia mengaku, serangan virus flu babi jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan suspect virus flu burung (H5N1), sebab virus influenza A subtipe H1N1 (flu burung) dapat menular langsung dari manusia ke manusia.

"Virus itu dapat menyebabkan kematian, saat terserang, pasien tidak dapat bernafas, karena langsung merambah dan meradang ke paru-paru manusia," ujarnya.

Biasanya, leher pasien yang terserang virus berbahaya itu harus dipotong untuk dimasukkan alat bantu pernafasan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kematian pasien yang terserang flu babi.

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok sejumlah preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada bela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024